Kurang Tidur Bikin Mudah Lapar, Begini Alasannya

sakit-perut-masuk-angin-doktersehat

DokterSehat.Com– Mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari adalah salah satu cara yang perlu untuk kita lakukan untuk bisa memiliki tubuh yang sehat. Sayangnya, kita masih menyepelekannya dan terus melakukan begadang hanya demi menonton acara televisi kesayangan atau melakukan hal-hal lainnya. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kurang tidur bisa memberikan efek buruk seperti membuat tubuh menjadi kurang bugar, mudah gemuk, dan mudah lapar di siang hari. Hanya saja, sebenarnya apa sih kaitan antara kurang tidur dengan mudah lapar?

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Leeds, dihasilkan fakta bahwa kurang tidur mampu menyebabkan gangguan keseimbangan fungsi tubuh. Salah satu bagian tubuh yang mengalami gangguan fungsi yang cukup parah adalah otak. Dampak dari gangguan fungsi otak ini sangatlah banyak. Salah satunya adalah perubahan nafsu makan dengan signifikan.

Pemimpin penelitian dr. Eleanor Scott menyebutkan bahwa peserta partisipan yang ia libatkan diminta untuk tidur dengan durasi waktu yang berbeda-beda selama beberapa hari. Di dua malam pertama, para partisipan diminta untuk tidur dengan durasi waktu yang normal. Dua hari kemudian mereka diminta untuk tidur tiga jam lebih lambat dari jam biasanya. Di dua hari terakhir, mereka diminta untuk tidur sesuka hati mereka. Setiap malam dan saat bangun pagi, aktivitas dan kadar gula darah di dalam tubuh para partisipan ini diukur.

Hasil dari penelitian ini adalah, para partisipan yang mengalami kurang tidur cenderung mengalami kenaikan nafsu makan dengan signifikan. Kadar gula dalam tubuhnya bisa naik dengan sangat tinggi hingga hampir mencapai titik yang sama dengan yang dimiliki oleh penderita diabetes tipe 2.

Dr. Eleanor pun menyimpulkan bahwa hal ini sepertinya terkait dengan terganggunya keseimbangan hormon di dalam tubuh saat kita kurang tidur.

“Saat kita kurang tidur, hormon yang mengendalikan nafsu makan akan mengalami efek yang cukup parah. Hal ini akan membuat kita mudah lapar dan sulit untuk merasa lapar meski kita sudah makan dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering. Selain itu, jika kita tetap terjaga saat tubuh biasanya sudah tidur, maka kadar hormon stres di dalam tubuh akan meningkat dengan signifikan. Kondisi ini mempengaruhi gula darah dan akhirnya membuat kita mudah lapar,” jelasnya.