Mengapa Kurang Olahraga Bisa Bikin Diabetes?

penyebab-diabetes-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu penyebab utama mengapa semakin banyak orang yang terkena diabetes adalah gaya hidup yang tidak sehat. Sebagai contoh, karena berbagai kesibukan, semakin banyak orang yang malas berolahraga atau kurang gerak. Sebenarnya, bagaimana bisa kebiasaan ini menyebabkan datangnya diabetes?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa diabetes sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, tak hanya karena kurang gerak saja, namun jika kita terbiasa mengonsumsi makanan manis dan jarang berolahraga, maka risiko untuk terkena diabetes tentu saja akan meningkat.

Hobi mengonsumsi makanan manis namun kurang gerak akan memicu gangguan produksi insulin. Sebagai informasi, mengonsumsi makanan manis atau makanan tinggi kalori bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat. Hal ini membuat pankreas kewalahan dalam memproduksi insulin demi mengimbangi tingginya kadar gula darah. Sayangnya, hal ini membuat pankreas lebih rentan mengalami kerusakan. Jika sampai hal ini terjadi, maka produksi insulin akan terganggu dan hal ini akan terus membuat kadar gula darah dalam kondisi tinggi. Hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan datangnya diabetes.

Kurang gerak namun terbiasa mengonsumsi makanan tinggi kalori akan membuat asupan makanan ini tidak semuanya dimaksimalkan menjadi energi. Sisa makanan yang tidak dipergunakan ini akhirnya hanya menjadi tumpukan lemak yang meningkatkan berat badan. Kita pun akan lebih rentan mengalami obesitas. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kegemukan termasuk dalam salah satu faktor yang menyebabkan diabetes.

Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Selain itu, ada baiknya kita mulai menurunkan asupan makanan dan minuman manis demi mencegah diabetes.

Pastikan pula untuk rajin berolahraga setidaknya setengah jam setiap hari demi menjaga berat badan tetap ideal sekaligus mencegah diabetes. Tak perlu melakukan olahraga yang berat atau pergi ke pusat kebugaran. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari, atau bersepeda sudah bisa memberikan manfaat kesehatan. Selain itu, kita juga sebaiknya lebih sering berjalan kaki ke berbagai tempat yang jaraknya terlalu jauh alih-alih memakai kendaraan karena hal ini bisa membantu mencegah datangnya diabetes.