Dampak Kurang Minum Bagi Tekanan darah

Doktersehat-kurang-minum

DokterSehat.Com– Siapa bilang kurang minum hanya akan menyebabkan dehidrasi saja? Dalam realitanya banyak sistem dan organ tubuh yang akan terganggu akibat kebiasaan buruk ini. Bahkan, menurut pakar kesehatan, hal ini akan berimbas pada kenaikan berat badan dan tekanan darah, kondisi kesehatan yang bisa saja sangat berbahaya.

Tahukah Anda jika di dalam tubuh kita, 75 persennya adalah air? Sebagai contoh, 92 persen darah kita terdiri dari air, tulang yang terlihat keras dan kokoh 22 persennya ternyata adalah air. Selain itu, 75 persen dari otot-otot kita juga adalah air. Hal ini berarti, tubuh kita sebenarnya memang sangat bergantung pada air demi bisa mendapatkan kesehatan dan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan normal.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association, dihasilkan fakta bahwa mencukupi kebutuhan air putih setiap hari, yakni sekitar 2 liter atau 8 gelas air akan mampu mencegah dehidrasi dan menjaga tekanan darah tetap normal. Sebagai informasi, jika kita sampai kurang minum, maka darah akan menjadi lebih kental dan membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Hal ini juga akan meningkatkan tekanan pada darah jika dibandingkan dengan saat darah masih dalam kondisi encer.

Selain menjaga tekanan darah tetap normal, mencukupi kebutuhan air putih juga berperan besar bagi kadar kolesterol tubuh. Jika sampai kita kurang minum, maka proses peluruhan kolesterol akan terganggu dan hal ini akan membuat kadar kolesterol terus meningkat. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner, bukan?

Sering mengalami dehidrasi ternyata juga bisa berimbas pada meningkatnya risiko terkena obesitas, kondisi yang terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kanker. Karena alasan inilah, menurut penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of American Dietetic Association pada 2010 silam, kita sangat disarankan untuk minum air putih dengan cukup, khususnya sebelum sarapan pagi, makan siang, dan makan malam demi menjaga berat badan tetap ideal.

Menurut penelitian ini, rutin minum air putih dengan teratur akan memberikan manfaat besar bagi kesehatan metabolisme, fisik, serta kesehatan emosional kita dengan signifikan.