Kunyit, Bumbu Dapur yang Bemanfaat untuk Kulit

kunyit-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kulit. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan kunyit.

1. Menyembuhkan Jerawat

Apakah Anda khawatir tentang jerawat atau bekas luka yang dihasilkan? Mulai sekarang, tidak usah khawatir. Kunyit adalah solusi yang tepat. Sifat antibakteri pada kunyit dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Chemical and Pharmaceutical, melaporkan bahwa kurkumin dalam kunyit menunjukkan aktivitas antimikroba yang menghambat bakteri P. acnes penyebab jerawat.

2. Mengontrol Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak bisa menjadi mimpi buruk. Minyak berlebih pada lapisan kulit luar sering menyebabkan berbagai masalah kulit. Untuk mengatasi masalah kulit berminyak, kunyit dapat mengatasinya. Kunyit memiliki sifat pengontrol minyak alami yang dapat membantu mengontrol sekresi minyak (sebum) berlebih.

Asam lemak dan pitosterol dalam kunyit membantu mengurangi kelebihan minyak kulit. Sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Tropical Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa ekstrak yang diperoleh dari kunyit dapat digunakan untuk mengatur sekresi sebum berlebihan.

3. Melindungi Terhadap Matahari

Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dapat membuat kulit terlihat gelap dan kusam. Karena sifatnya yang mencerahkan dan anti-penuaan, kunyit membantu menjaga kulit Anda terhindar dari kerusakan akibat sinar matahari.

Dalam sebuah studi 2009 yang diterbitkan di Phytomedicine, mengatakan bahwa ekstrak kunyit dapat melindungi kulit dari sinar UV, mencegah pembentukan kerutan, membantu mempertahankan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya bintik hitam.

Anda bisa menggunakan bubuk kunyit atau kunyit yang dihaluskan sebagai masker wajah. Lakukan secara rutin dan rasakan manfaatnya.