Kunyit Untuk Anak, Benarkah Bisa Meningkatkan Nafsu Makan?

doktersehat-kunyit-perut
Photo Credit: Scott Dexter

DokterSehat.Com– Saat anak susah makan, salah satu jalan keluar yang kita gunakan adalah dengan penggunaan bahan alami, misalnya kunyit yang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anak. Benarkah demikian?

Kunyit atau kurkumin merupakan bumbu yang mudah kita peroleh dan terbukti memiliki banyak khasiat. Mayo Clinic menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bermanfaat untuk mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan tubuh.

Meskipun kebanyakan studi menunjukkan manfaat kunyit sebagai anti peradangan atau diekstrak, namun kunyit sebgai jamu terbukti sacara empiris untuk meningatkan nafsu makan anak.

Selain itu, kunyit memilki kandungan antioksidan yang baik, serta mendukung fungsi sendi, mata dan pencernaan. Manfaat untuk pencernaan inilah yang digunakan untuk mengatasi nafsu makan anak yang turun.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Semarang, kunyit yang digunakan sebagai jamu pada anak memiliki manfaat untuk pencernaan anak, dengan:

  1. Memberikan tubuh asupan kurkuminoid

  2. Senyawa kurkuminoid adalah senyawa warna kunyit yang terbentuk dari susunan senyawa lain yang memberikan manfaat penambahan nafsu makan pada anak.

  3. Adanya senyawa curcumin

  4. Senyawa curcumin ini disebut mampu mengosongkan lambung dengan cepat sehingga anak akan merasa lebih lapar saat mengonsumsi kunyit.

Pemberian kunyit pada anak-anak dilakukan dengan memarut rimpang kunyit lalu mengambil air perasannya kemudian diberikan pada anak, boleh dengan tambahan madu.

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dosis hingga 2500 mg kurkumin (dalam bentuk ekstrak) tidak memberikan efek toksisitas pada tubuh. Umumnya kita dianjurkan memberikan kunyit pada anak dalam satu hari kurang lebih kunyit dengan berat 3-5 gram (kurang lebih 2 rimpang kunyit ukuran sedang).

Kunyit merupakan bahan pangan alami yang telah terubukti manfaatnya bagi peningkatan nafsu makan.

Jika kita ragu memberikan suplemen kunyit yang tersedia di pasaran, maka cara paling tepat adalah membuatnya sendiri. Selain porses pembuatan yang cukup mudah, anak akan merasakan manfaat kunyit lebih maksmial karena penyerapan senyawa lebih baik jika diperoleh dari bentuk yang segar.

Jadi tidak hanya mudah pembuatannya, kunyit ternyata memang bermanfaat, ya.