Selain Mengatasi Nyeri saat Haid, Inilah 9 Manfaat Lain Kunyit Asam

manfaat-kunyit-asam-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi masyarakat Indonesia, kunyit adalah salah satu bumbu makanan yang memiliki warna dan cita rasa yang khas. Sedangkan asam biasa digunakan untuk mengatasi gangguan perut hingga masalah kantong empedu. Namun, tahukah Anda jika kedua bahan alami tersebut dicampurkan atau lebih dikenal dengan kunyit asam, dapat mengatasi berbagai kondisi kesehatan? Apa saja manfaat kunyit asam yang bisa Anda dapatkan?

Manfaat Kunyit Asam bagi Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat Indonesia, penggunaan jamu masih sering digunakan untuk mengatasi sejumlah penyakit. Kunyit asam adalah salah satu ramuan tradisional yang sering digunakan saat seorang wanita memasuki masa menstruasi. Nyatanya, kunyit asam juga bisa memberikan manfaat lebih banyak. Apa saja manfaat kunyit asam itu?

  1. Menurunkan rasa nyeri saat menstruasi

Seperti dijelaskan sebelumnya, manfaat kunyit asam banyak digunakan oleh wanita saat memasuki masa menstruasi karena kemampuannya untuk meredakan rasa sakit saat waktu menstruasi datang.

Tak hanya itu, menurut pakar kesehatan, kunyit asam juga memiliki kemampuan untuk memperlancar siklus menstruasi setiap bulannya. Jika seorang wanita mengombinasikan kunyit asam dengan daun sirih, maka rasa nyeri yang umum terjadi saat menstruasi tidak akan mudah terjadi, bahkan manfaat kunyit asam juga mampu mengatasi masalah keputihan.

2. Membuat tubuh menjadi langsing

Manfaat kunyit asam lainnya adalah kemampuannya untuk membakar lemak sekaligus membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan rutin mengonsumsi jamu kunyit asam, lemak dalam tubuh semakin luluh dan tubuh pun menjadi lebih langsing.

3. Mengatasi masalah bau badan

Banyak orang yang mengeluhkan masalah bau badan membuatnya tidak percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Padahal penggunaan deodoran atau parfum sudah digunakan namun bau badan tetap saja muncul.

Guna mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi kunyit asam secara teratur untuk mengatasinya. Jika memungkinkan, Anda bisa mengombinasikannya dengan daun beluntas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Membuat kulit lebih cerah

Jamu kunyit asam akan membuat kulit menjadi lebih sehat, lebih bersih, dan lebih cerah, yang pada akhirnya membuat seseorang semakin menawan.

5. Sebagai antioksidan

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat kunyit asam berguna sebagai antioksidan. Senyawa kurkumin yang ada pada kunyit memiliki kadar antioksidan yang tinggi di mana hal ini sangatlah baik untuk tubuh.

Sebuah penelitian lain menegaskan bahwa formula terbaik dari kunyit asam bisa dapatkan apabila terdiri dari 5 persen kunyit, 25 persen asam dan 70 persen air. Ini adalah komposisi terbaik agar Anda mendapatkan kadar antioksidan secara maksimal

6. Mengatasi infeksi

Kandungan antibakteri, antiradang dan sifat anti-inflamasi pada kunyit dapat membunuh bakteri penyebab infeksi. Sejumlah infeksi yang mampu diatasi adalah infeksi tenggorokan, infeksi luka bakar, infeksi akibat radiasi sinar matahari dan infeksi lainnya,

7. Mengendalikan gula darah

Bagi Anda penderita diabetes, sebaiknya Anda mengonsumsi jamu kunyit asam. Manfaat kunyit asam di sini dipercaya menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Hal ini diduga karena kemampuan antiinflamasi yang dikandung oleg kunyit.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dengan prediabetes yang mengonsumsi kapsul kurkumin cenderung menghambat kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Pada akhirnya, manfaat kunyit asam yang bisa didapatkan adalah dapat mencegah diabetes. Senyawa kimia pada kunyit asam menjaga jumlah gula darah untuk dapat seimbang.

8. Menghambat penyakit Alzheimer

Terdapat perkembangan suatu protein abnormal yaitu beta-amyloid pada otak penderita Alzheimer. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa kurkumin mampu menghambat pertumbuhan protein tersebut sekaligus menghilangkannya. Namun, kurkumin tidak dapat membantu menghapus sejumlah gejala saat seseorang telah mengidap Alzheimer.

9. Mengobati anemia

Manfaat kunyit asam lainnya adalah mencegah terjadinya anemia. Zat besi yang terkandung di dalam kunyit meningkatkan produksi sel darah merah. Tentu hal ini membuat menjadikan kunyit sebagai bahan makanan yang baik untuk mencegah anemia.

Selain beberapa manfaat kunyit asam seperti yang dijelaskan di atas, manfaat kunyit asam lainnya adalah membantu menyembuhkan osteoarthritis dan kolesterol tinggi. Kandungan kurkumin dalam kunyit yang bersifat antioksidan ini dipercaya berperan atas khasiat tersebut.

Namun, manfaat kunyit asam untuk mengobati kondisi lain, seperti penyakit kuning, radang mata, kanker kolorektal, dan membantu pemulihan setelah operasi bypass jantung, masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut.

Mengenali Kandungan Kunyit Asam

Perlu diketahui, bahwa kunyit sendiri mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai antipiretik (menurunkan suhu tubuh saat demam), analgesik (meredakan nyeri), dan antiradang. Begitu juga dengan asam jawa yang mengandung bahan aktif sebagai penenang, antipiretik serta antiradang.

Sementara itu, kandungan senyawa dalam kunyit asam lainnya adalah sebagai berikut:

  • Mengandung vitamin A dan vitamin C.
  • Mengandung senyawa fruktosa, arabinusa, dan glukosa.
  • Mengandung senyawa kurcumin dan dihidro kurkumin.
  • Mengandung minyak atsiri yang terdiri atas fenilpropana turmeron, kurol kurkumol, aril kurmen, zingberin dan betaturmenon.

Perlu diketahui juga, kandungan kurkumin pada kunyit bekerja dengan mengurangi produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menciptakan rasa sakit dan pembengkakan serta mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim.

Manfaat kunyit asam ini semakin diperkuat dengan reaksi tannin, alkaloid, saponin, sesquiterpenes dan phlobotamin pada asam yang dapat memengaruhi sistem saraf.

Pakar kesehatan mengungkapkan, penggunaan kunyit asam secara umum aman digunakan setiap hari, asal sesuai dosis dan takaran. Saat mendapatkan kunyit asam secara berlebihan maka gangguan yang bisa terjadi mulai dari mual hingga diare. Hindari mengonsumsi kunyit asam setelah makan.

Dosis harian yang aman untuk kunyit asam berkisar 200 mg perhari atau satu sendok teh perhari konsumsi kunyit.

Pada akhirnya, minum jamu memang masih banyak dipercaya sebagian besar masyarakat Indonesia untuk menyehatkan tubuh. Namun, jika Anda masih ragu mendapatkan manfaat kunyit asam pelajari efek sampingnya terlebih dahulu. Selain itu, perlu menjadi perhatian bagi penderita gangguan ginjal dan fungsi hati karena tidak dasarankan untuk mengonsumsi jamu.