Terbit: 7 November 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Kundalini yoga adalah jenis yoga yang berfokus pada energi yang melingkar di sekitar pangkal tulang belakang. Gerakan jenis yoga ini mungkin masih terdengar asing di masyarakat, namun terdapat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Ketahui apa itu kundalini yoga untuk pemula, gerakan, manfaat, dll.

kundalini-yoga-untuk-pemula-doktersehat

Apa Itu Kundalini Yoga?

Kundalini yoga adalah jenis yoga yang berpusat pada energi dari pangkal tulang belakang. Dalam bahasa Sansekerta, Kundalini berarti “melingkar seperti ular” yang mengarah pada energi yang melingkar di sekitar pangkal tulang belakang melalui tujuh pusat energi. Energi ini juga disebut dengan energi kundalini.

Jenis yoga ini didirikan oleh Sage Gorakshnatha dari Nepal yang mengembangkannya dari konsep Laya Yoga, yaitu teks India klasik sekitar 500 SM. Jenis yoga ini menggabungkan meditasi fisik dan spiritual, serta teknik pernapasan untuk meningkatkan energi kundalini.

Orang-orang melakukan jenis yoga ini untuk mendapatkan keseimbangan, ketenangan, kebahagiaan, kesadaran kosmis atau kesadaran yang hanya dimiliki oleh manusia tertentu, pemahaman bentuk energi dari dalam dan luar tubuh untuk menyembuhkan, serta membangkitkan pusat energi universal pada dirinya sendiri.

Teknik Dasar Kundalini Yoga

Sebelum mempelajari gerakannya, berikut ini adalah teknik dasar kundalini yoga untuk pemula, yaitu:

  • Teknik Pernapasan: Menggunakan teknik Long Deep Breathing atau tarik napas panjang untuk menghasilkan dan melepaskan energi.
  • Mantra atau Nyanyian: Melantunkan alunan seperti Sat Nam, yang berarti “kebenaran adalah identitas saya” untuk menyalurkan energi positif.
  • Kriya: Kriya adalah serangkaian latihan meliputi pernapasan, postur, dan nyanyian untuk memusatkan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.
  • Mudra: Mudra adalah posisi tangan untuk mengunci energi ke aliran otak Anda.
  • Meditasi: Meditasi untuk menyembuhkan diri, meningkatkan energi, serta membersihkan pikiran bawah sadar.

Itulah teknik dasar yang harus diketahui tentang kundalini yoga untuk pemula. Setelah mengetahui teknik yoga tersebut, Anda dapat mempelajari gerakan yoga untuk pemula.

Baca Juga: 8 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Bisa Dicoba di Rumah!

Gerakan Kundalini Yoga untuk Pemula

Gerakan kundalini yoga untuk pemula adalah kombinasi antara meditasi, teknik pernapasan dinamis, gerakan-gerakan khusus, dan mantra-mantra untuk membangun energi kundalini untuk meningkatkan kesadaran.

Gerakan yoga ini selalu dimulai dengan pemanasan tulang belakang yang diiringi nyanyian atau pujian untuk memengaruhi suasana hati. Selanjutnya adalah pengenalan tentang gerakan kundalini yoga untuk pemula, yaitu:

1. Gerakan Pernapasan Kundalini Yoga untuk Pemula

Gerakan yoga ini untuk pemula ini untuk memusatkan pikiran Anda untuk menciptakan kesadaran dan ketenangan tertinggi dalam diri Anda.

  • Duduk bersila dengan posisi nyaman dan tulang belakang lurus.
  • Posisikan kedua tangan seperti gerakan sedang berdoa, dengan jari-jari mengarah ke atas.
  • Tutup mata dan fokuskan pada titik di tengah kening, di titik tersebut adalah tempat chakra atau pusat energi ke-6.
  • Teknik pernapasan dimana napas Anda dibagi menjadi empat bagian saat menarik napas.
  • Tarik napas, tahan napas, lalu hembuskan napas keluar menjadi empat bagian yang sama.
  • Kemudian, tahan napas kembali selama beberapa detik.
  • Pada saat menarik dan menghembuskan napas, tarik titik pusar ke arah tulang belakang.
  • Setiap siklus teknik pernapasan berlangsung selama 7-8 detik.

Gerakan yoga untuk pemula paling ideal dilakukan 3-5 menit. Anda juga dianjurkan untuk menggunakan nyanyian atau mantra Sa Ta Na Ma yang berarti “Selamanya, Hidup, Mati, dan Kelahiran Kembali.”

Baca Juga: 3 Gerakan Yoga yang Terbukti Ampuh dalam Meratakan Perut Buncit

2. Mountain Pose

Gerakan yoga untuk pemula selanjutnya adalah mountain pose untuk mengaktifkan seluruh otot dan energi kundalini dalam tubuh Anda.

  • Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat.
  • Kedua tangan diposisikan di samping.
  • Jari-jari tangan terbuka seperti Anda sedang meraih sesuatu.
  • Kencangkan otot paha.
  • Putar paha atas sedikit ke dalam.
  • Aktifkan penutup lutut seperti Anda sedang mengangkatnya dari tulang kering Anda.
  • Lebarkan tulang selangka Anda dan tekan bahu Anda bersamaan.
  • Tahan selama 30 detik.

Gerakan yoga ini terlihat mudah, namun sebagian orang mengatakan bahwa gerakan yoga ini adalah salah satu yang paling sulit dicapai secara fisik.

3. Lotus Pose

Manfaat yoga lotus pose dalam gerakan yoga untuk pemula adalah untuk menenangkan pikiran dan jiwa Anda.

  • Duduk bersila dengan posisi yang nyaman.
  • Letakan kedua tangan di kedua sisi lutut.
  • Ibu jari menyentuh telunjuk.
  • Tegakan tubuh dan tulang belakang saat bernapas.
  • Pejamkan mata.
  • Rasakan ketenagan dan kedamaian dalam posisi ini.
  • Tahan selama 10-15 menit atau selama yang Anda inginkan.

Gerakan yoga kundalini untuk pemula dapat Anda jadikan meditasi penghilang stres dan relaksasi jiwa Anda secara efektif.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Mengapa Anda Harus Melakukan Yoga

Manfaat Kundalini Yoga untuk Pemula

Berikut ini adalah manfaat yoga untuk pemula, yaitu:

1. Bimbingan Jiwa

Manfaat yoga untuk pemula adalah untuk ketenangan jiwa dan menambah kekuatan pikiran intuitif. Intuisi adalah bimbingan jiwa yang menjadi esensial panduan hidup Anda untuk mendengarkan, merasakan, serta memberi dukungan emosional. Meditasi dengan yoga juga membersihkan pikiran bawah sadar dan membuat Anda belajar lebih dalam tentang kekuatan diri Anda sendiri.

2. Melindungi Diri dari Pikiran Negatif

Keunggulan yoga untuk pemula selanjutnya adalah untuk menjaga Anda dari pikiran negatif yang kadang Anda kembangkan sendiri dari diri Anda.

Aura positif yang dibangun dari latihan kundalini yoga dapat menutup pikiran negatif Anda dan memberikan aura positif, besar, kuat, dan cerah untuk diri dan lingkungan Anda.

3. Keseimbangan Emosional dan Pikiran Netral

Latihan yoga dapat melatih pikiran dan emosional Anda agar lebih seimbang dan tenang dalam menghadapi suatu peristiwa. Latihan yoga juga dapat membersihkan pola pikiran bawah sadar Anda jadi lebih jernih dan sehat.

4. Relaksasi

Manfaat yoga adalah untuk merelaksasi, menenangkan, menghilangkan stres, serta menyeimbangkan sistem saraf. Anda dianjurkan untuk melakukan latihan yoga saat Anda menghadapi stres sehari-hari untuk membuat Anda merasa lebih baik dan lebih harmoni.

Nah, itulah pembahasan jelas tentang kundalini yoga untuk pemula. Kundalini yoga adalah alternatif latihan yoga yang dapat Anda jalani untuk menenangkan pikiran dan jiwa. Semoga informasi ini membantu Anda dalam memahami gerakan yoga dan manfaatnya untuk kesehatan.

 

  1. Awaken. 2018. KundaliniYoga Poses To Help Yogis Become More Aware of Themselves. https://www.awaken.com/2018/10/15-kundalini-yoga-poses/. (Diakses pada 7 November 2019).
  2. Deanda, Brittany dan Tara Schulenberg. 2019. A Beginner’s Guide to KundaliniYoga. https://www.yogajournal.com/yoga-101/a-beginners-guide-to-kundalini-yoga. (Diakses pada 7 November 2019).
  3. Tera Kaur, Guru. 2019. 10 Great Reasons to do KundaliniYoga. https://www.3ho.org/10-great-reasons-do-kundalini-yoga. (Diakses pada 7 November 2019).
  4. KundaliniYoga. 2019. Fundamentals of KundaliniYoga. https://www.kundaliniyoga.org/Fundamentals#Kundalini. (Diakses pada 7 November 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi