12 Kunci Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh

cara-menjaga-kesehatan-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan tubuh adalah sesuatu yang sangat penting. Saat kondisi tubuh Anda sehat maka aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar. Meski kesehatan adalah sesuatu yang penting, banyak orang tidak mengerti bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Mengupayakan Kesehatan Tubuh dengan Maksimal

Sebelum menjelaskan mengenai cara menjaga kesehatan tubuh, perlu Anda ketahui bahwa seseorang dikatakan sehat tidak hanya terkait dengan kondisi fisiknya saja, tetapi juga kondisi mentalnya. Berikut adalah tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

  1. Selalu berpikir positif

Men Sana In Corpore Sano adalah sebuah bahasa latin yang berarti ‘di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat’. Maksudnya adalah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala sesuatu yang menerpa Anda, selalu ingat setiap masalah pasti ada solusinya.

2. Atur waktu istirahat dengan baik

Cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat dengan mudah dilakukan adalah dengan istirahat. Kelelahan setelah beraktivitas seharian merupakan salah satu penyebab menurunnya daya tahan tubuh. Jadi, mengistirahatkan tubuh merupakan langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah tersebut.

Saat waktu istirahat tubuh terganggu maka risiko yang bisa terjadi adalah munculnya stres. Stres sendiri sudah terbukti bisa menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya bisa membuat Anda mudah terkena penyakit.

Hal ini bisa terjadi karena kortisol, hormon yang membantu seseorang melawan penyakit dan peradangan–dapat berkurang saat seseorang mengalami stres kronis. Selain waktu istirahat yang cukup, jadi cara menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan menghilangkan stres.

3. Olahraga secara teratur

Cara menjaga kesehatan tubuh yang satu ini sering kali luput dilakukan banyak orang. Padahal cara ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh selalu bugar. Tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, cara ini juga bisa digunakan untuk mengelola masalah kesehatan lain seperti osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi, hingga kanker.

Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda meluangkan waktu setidaknya 20-30 menit setiap harinya untuk olahraga.

4. Konsumsi makanan berserat

Cara menjaga kesehatan tubuh berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan berserat seperti, buah, sayur dan kacangan-kacangan setiap harinya. Makanan-makanan berserat mampu menjaga tubuh Anda dari serangan bakteri. Pastikan makanan yang Anda makan sudah higienis.

5. Makan dengan porsi wajar dan sehat

Cara menjaga kesehatan yang satu ini sering kali disepelekan, namun sebenarnya sangat berpengaruh pada kesehatan secara umum. Makan dengan porsi wajar sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Apabila Anda mengalami kegemukan, maka Anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Konsumsilah aneka jenis sayuran seperti terong, labu, wortel, brokoli, mentimun, kol, hingga paprika. Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan seperti alpukat, stroberi, mangga, kiwi, apel, nanas hingga lemon.

Perlu diketahui, sayuran mengandung berbagai macam nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan, buah-buahan dipercaya sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

6. Penuhi kebutuhan vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Temukan vitamin ini pada sinar matahari, telur, hati, dan ikan demi menjaga kesehatan tubuh Anda tetap optimal.

7. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Meski ini adalah cara menjaga kesehatan tubuh yang paling mudah, faktanya banyak orang tidak melakukannya dengan baik. Banyak artikel kesehatan menyarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena melihat manfaat yang bisa didapatkannya. Minimal delapan gelas air putih perharinya merupakan jumlah yang harus dipenuhi untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

8. Menebarkan senyum dengan orang sekitar

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan tersenyum pada orang lain. Hal ini paling mudah dilakukan dan sangat dianjurkan untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain kesehatan jasmani, tersenyum juga berguna untuk kesehatan rohani Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan, isolasi sosial bisa meningkatkan stres dan memperlambat respon kekebalan tubuh dan kemampuan untuk menyembuhkan dengan cepat. Bahkan, rasa kesepian juga bisa memicu munculnya beberapa penyakit.

9. Menghindari rokok dan alkohol

Bagi Anda yang ingin kesehatannya terus terjaga dengan baik, mulai sekarang Anda harus berhenti untuk mengonsumsi alkohol. Dampak negatif yang bisa ditimbulkannya adalah masalah ginjal, hati, hingga kanker. Selain alkohol, rokok juga harus Anda hentikan karena memicu penyakit pernapasan, kardiovakular hingga kanker.

10. Menjaga berat badan ideal

Apakah berat badan Anda masuk dalam kategori ideal? untuk mengeceknya Anda bisa melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT). Berbagai macam penyakit yang bisa terjadi akibat kelebihan berat badan adalah diabetes, kolesterol, jantung hingga stroke.

11. Menjaga tekanan darah tetap baik

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya adalah dengan mengendalikan tekanan darah. Jika Anda mampu menjaga tekanan darah dengan baik, maka hal ini dapat mencegah kerusakan di dinding arteri. Rutinlah periksakan tekanan darah pada ahli kesehatan.

12. Aktivitas seksual yang aman

Cara menjaga kesehatan tubuh yang terakhir ini harus menjadi perhatian bagi seseorang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual. Meski seks sendiri adalah sesuatu yang positif, faktanya seks juga bisa membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu, seks yang aman seperti penggunaan kondom bisa digunakan untuk mencegah penyakit menular seksual.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa lakukan medical checkup dengan rutin agar kesehatan tubuh dapat terus terpantau. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui sedini mungkin gangguan kesehatan yang mungkin diderita.