Terbit: 5 Maret 2021 | Diperbarui: 9 Maret 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Kulit wajah mengelupas akibat kulit kering dan iritasi. Anda dapat mengatasinya dengan perawatan di rumah seperti pakai pelembap, aloe vera, atau sunscreen. Ketahui penyebab dan cara mengatasi kulit wajah mengelupas dalam pembahasan ini.

Kulit Wajah Mengelupas: Ketahui Penyebab dan 13 Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Kulit kering menyebabkan kulit mudah terkelupas, kusam, berkerak, dan rentan iritasi. Selain masalah kulit yang mendasarinya, kulit mengelupas bisa menjadi tanda dari penyakit kulit yang lebih serius.

Ketahui apa saja penyebab kulit wajah mengelupas, sebagai berikut:

  • Kulit Kering: Anda mungkin memiliki jenis kulit kering yang diperparah dengan faktor lain, seperti udara kering, cuaca dingin, penggunaan skin care yang salah, atau efek dari klorin di kolam renang. Pahami tentang penyebab dan cara mengatasi kulit kering lebih lengkap di sini.
  • Sunburn: Kulit yang terpapar sinar UV secara langsung dalam jangka panjang menyebabkan sel-sel kulit mati, kering, dan akhirnya mengelupas. Maka dari itu, gunakan sunscreen setiap hari.
  • Reaksi Alergi: Anda mungkin alergi produk kulit tertentu yang menyebabkan alergi kulit. Sebelum menggunakan produk kosmetik atau skin care baru, coba dulu di kulit tangan dan lihat apakah cocok atau tidak.
  • Infeksi Jamur: Infeksi jamur kulit mudah menular, menyebabkan kulit mengelupas, meradang, dan kadang disertai sakit kepala.
  • Efek Samping Obat-obatan: Obat tertentu dapat menyebabkan efek samping pada kulit, seperti obat penisilin, obat kejang, obat tekanan darah, atau obat topikal (krim, salep, atau gel). Baca aturan pakai untuk mencegah efek pengelupasan kulit.
  • Eksim: Eksim adalah kondisi autoimun yang menyebabkan gejala kulit iritasi dan mengelupas. Pelajari tentang penyakit eksim di sini.
  • Psoriasis: Psoriasis juga kondisi autoimun yang menyerang kulit, membuat kulit jadi gatal, merah, iritasi, dan mudah terkelupas.
  • Rosacea: Rosacea adalah penyakit kulit kronis akibat pembuluh darah di bawah kulit rusak. Gejalanya berupa kulit bengkak, merah, iritasi, dan mengelupas.
  • Dermatitis: Dermatitis adalah peradangan kulit dengan gejala seperti ruam kulit, gatal, kulit kering, dan mudah iritasi.
  • Hipotiroidisme: Hipotiroidisme adalah kelenjar tiroid yang tidak memproduksi hormon tiroid dengan cukup, sehingga menyebabkan masalah kulit, rambut, hingga penambahan berat badan yang tak diinginkan.
  • Peeling Skin Syndrome: Sindrom kulit mengelupas adalah kondisi langka yang ditandai dengan kulit mudah terkelupas, ruam, dan meradang.

Gejala kulit mengelupas juga dapat terjadi akibat kekurangan asupan niacin (vitamin B3) atau keracunan vitamin A. Ketahui kondisi Anda, kulit mengelupas akibat kulit kering biasanya dapat diatasi dengan produk perawatan kulit khusus untuk kulit kering.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Secara umum, Anda dapat mengatasi gejala kulit kering dan mengelupas dengan perawatan wajah sederhana di rumah, seperti pakai pelembap, sunscreen, dan rangkaian skin care lainnya. Anda juga dapat menggunakan obat resep dokter kulit untuk hasil yang lebih efektif.

Ketahui bagaimana cara mengatasi kulit wajah mengelupas, sebagai berikut:

1. Gunakan Pelembap

Pelembap adalah salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas. Kandungan pelembap dapat menutrisi dan menjaga kadar air dalam jaringan kulit sehingga tidak kering lagi.

Berikut ini pelembap terbaik untuk kulit kering berdasarkan rekomendasi dari American Academy of Dermatology:

Bila mengalami sunburn, jangan gunakan pelembap yang mengandung minyak atau petroleum. Kandungan tersebut dapat menahan panas di jaringan kulit.

2. Gunakan Sunscreen 

Sunscreen dianjurkan untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Pakai sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi, terutama bila Anda akan beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama.

3. Pakai Aloe Vera 

Banyak produk pelembap dan skin care yang berbasis ekstrak aloe vera alami. Manfaat aloe vera untuk melembapkan kulit, melindungi kulit dari paparan sinar UV, serta dapat menutrisi kulit.

4. Skin Care Khusus Kulit Kering

Pilih brand favorit Anda untuk mengatasi kulit kering, namun jangan menggunakan produk yang mengandung:

  • Alkohol
  • Pewangi buatan
  • Astringen
  • Alpha hydroxy acids
  • Benzoyl peroxide

Bila Anda menggunakan retinoid, mohon pilih retinoid dengan konsentrasi yang lebih ringan. Produk retinoid vitamin A memang efektif untuk berbagai masalah kulit, namun sering menyebabkan kulit kering dan iritasi.

5. Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Apa pun produk cuci muka yang Anda pakai, mohon gunakan yang bebas sabun, tanpa alkohol, tanpa pewangi, dan tidak mengandung antibakteri. Kandungan tersebut dapat membuat kulit jadi lebih kering. Pilih produk yang berbasis bahan alami seperti aloe vera, shea butter, timun, dll.

Baca Juga: 12 Cara Merawat Wajah Secara Alami (Pasti Glowing)

6. Krim Kortison

Pertimbangkan untuk menggunakan krim kortison seperti hidrokortison untuk mengurangi efek inflamasi kulit. Krim hidrokortison biasanya juga dipakai untuk mengatasi gejala psoriasis atau dermatitis atopik. Silakan hubungi dokter apabila Anda butuh krim hidrokortison resep.

7. Cuci Muka dengan Benar

Selain menggunakan produk pembersih wajah atau milk cleanser dengan kandungan lembut, Anda juga harus cuci muka dengan cara yang benar. Jangan terlalu menggosok kulit. Setelah cuci muka, bersihkan dan lap hingga kering sebelum mengaplikasikan rangkaian skin care lanjutan.

Baca Juga: 10 Facial Wash untuk Kulit Kering (Cara Memilih Produk Terbaik)

8. Jangan Pakai Air Panas

Cukup gunakan air hangat untuk cuci muka atau mandi. Air panas akan cepat membersihkan minyak alami kulit dan kulit cepat kering. Anda juga tidak boleh mandi lama-lama, cukup 5-10 menit saja.

9. Minum Air Putih yang Cukup

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas adalah dengan minum air putih yang cukup. Mungkin tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, sehingga kulit juga jadi kering.

10. Gunakan Humidifier 

Bila perlu, pertimbangkan untuk pakai humidifier di ruangan. Humidifier adalah alat untuk melembapkan udara. Alat ini juga dapat meningkatkan kualitas udara dan menjaga suhu ideal.

11. Eksfoliasi

Anda dapat mengelupas kulit yang terlanjur pecah-pecah dengan cara eksfoliasi kulit yang benar. Eksfoliasi adalah teknik pengelupasan kulit untuk mendukung regenerasi sel kulit baru yang sehat.

Gunakan kain lembut atau waslap yang dicelupkan di air hangat, lalu gosokkan dengan lembut ke area kulit yang sudah mengelupas. Jangan menggaruk atau mengelupasnya secara langsung atau saat keadaan basah. Anda juga bisa pakai bahan eksfoliasi kulit alami.

12. Makan Sehat

Jenis sayur dan buah apa saja mengandung vitamin untuk kulit. Jangan lupa juga konsumsi makanan tinggi antioksidan untuk merawat kecantikan kulit dari dalam.

13. Dokter Kulit

Bila Anda mencurigai gejala kulit mengelupas yang mengkhawatirkan atau tidak sembuh dengan produk skin care apa pun, pertimbangkan untuk konsultasi ke dokter kulit. Dokter kulit akan memastikan diagnosis dan memberi opsi perawatan terbaik sesuai kondisi Anda.

Itulah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi kulit wajah mengelupas. Rajin makan sehat dan merawat kulit setiap hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Sissons, Beth. 2019. Home remedies for peeling skin on the face. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326444#_noHeaderPrefixedContent. (Diakses pada 5 Maret 2021).
  2. Watson, Kathryn. 2018. How to Get Rid of Peeling Skin on the Face, Fast. https://www.healthline.com/health/peeling-skin-on-face. (Diakses pada 5 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi