Terbit: 3 April 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Kulit tangan kering adalah kondisi umum yang mungkin pernah dialami sebagian besar orang. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal seperti pengaruh cuaca, paparan bahan kimia, atau riwayat masalah medis tertentu. Bagaimana cara menanganinya? Ketahui cara mengatasi kulit kering pada tangan berikut ini.

kulit-tangan-kering-doktersehat

Cara Mengatasi Kulit Kering pada Tangan

Kondisi telapak tangan kering adalah hal biasa yang tidak membahayakan kesehatan, namun ini mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan memengaruhi kepercayaan diri Anda.

Ketahui bagaimana cara mengatasi kulit kering berikut ini:

1. Gunakan Pelembap

Cara utama untuk mengatasi telapak tangan kering adalah dengan menggunakan produk pelembap atau losion apapun. Anda dapat memiliki produk pelembap yang mengandung minyak kelapa atau lidah buaya. Caranya, oleskan krim tersebut ke telapak tangan beberapa kali dalam sehari untuk mengembalikan kelembapan kulit.

2. Gunakan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami yang sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Lidah buaya mengandung efek antibiotik dan antiinflamasi untuk mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk kulit kering. Oleskan secara teratur krim lidah buaya sebagai pelembap alami.

Baca Juga: 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Wajah

3. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit-kulit mati agar kulit baru cepat regenerasi. Anda dapat menggunakan produk scrub kosmetik khusus eksfoliasi atau bahan alami seperti batu apung dan campuran gula dengan minyak zaitun.

4. Gunakan Campuran Oatmeal

Mencuci tangan atau mandi dengan air yang dicampurkan dengan oatmeal mentah atau matang dapat membantu meremajakan kulit, mengembalikan kelembapan, dan mengelupas sel-sel kulit mati. Anda juga dapat menambahkan minyak zaitun lalu basuh tangan Anda setiap hari dengan bahan alami ini.

5. Menggunakan Petroleum Jelly

Salah satu penyebab telapak tangan kering adalah saat Anda terlalu sering cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Salah satu cara mengatasi kulit kering pada tangan adalah dengan mengoleskan petroleum jelly semalaman pada tangan yang kering.

Petroleum jelly dapat mengembalikan kelembapan, bukan hanya untuk tangan kering namun juga berbagai masalah kulit lainnya seperti pecah-pecah, kasar, bersisik, gatal, iritasi ringan, bekas luka, dll.

6. Menggunakan Sarung Tangan

Mungkin gejala telapak tangan kering yang Anda alami akibat reaksi efek samping dari paparan bahan kimia dari lingkungan kerja Anda atau penggunaan produk-produk rumah tangga lainnya.

Anda disarankan menggunakan sarung tangan agar tidak bersentuhan langsung dengan paparan bahan kimia seperti saat mencuci piring atau kegiatan lainnya.

7. Gunakan Humidifier

Humidifier atau pelembap udara yang digunakan untuk pelembap ruangan bagi mereka yang mengalami masalah pernapasan ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering. Apabila Anda tinggal di dareah kering atau selama musim dingin, Anda dianjurkan untuk memasang humidifier di rumah untuk mencegah kulit kering.

8. Kurangi Stres

Anda mungkin tidak menyadarinya, namun salah satu faktor kecil yang membuat kulit jadi kering adalah karena Anda sedang stres. Seperti pada kondisi penyakit kulit eksim di mana tingkat stres yang tinggi akan meningkatkan gejala kulit kering tersebut.

9. Hindari Air Panas

Cara mengatasi kulit kering pada tangan adalah Anda tidak boleh menggunakan air hangat atau air panas untuk mencuci tangan karena akan membuat kulit menjadi lebih kering dan lelah. Cobalah cuci tangan dengan air dingin biasa lalu keringkan. Ini akan membantu menenangkan kulit dan mengembalikan kelembapannya.

10. Gunakan Krim Hidrokortison

Kulit kering mungkin bagian dari gejala dermatitis yang tidak Anda sadari, yang umumnya juga dibarengi dengan peradangan kulit dan kulit memerah. Dalam kasus ini, dokter mungkin akan meresepkan krim hidrokortison untuk mengatasi iritasi kulit.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Kulit Kering Bersisik (No. 7 Cukup Unik)

11. Obat Oral

Apabila kulit tangan kering yang Anda alami termasuk dalam gejala eksim parah, dokter mungkin akan mempertimbangkan penggunaan obat oral seperti steroid atau antibiotik lainnya untuk mengatasi gejala.

12. Menggunakan Obat Topikal Resep

Pada kondisi tangan yang sangat kering, kusam, bersisik, hingga mungkin mengelupas, Anda dapat konsultasi ke dokter untuk mengatasinya. Biasanya, dokter akan memberi rekomendasi obat topikal yang mengandung asam laktat untuk mengatasi kulit kering bersisik.

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kering pada tangan. Anda dapat menggunakan perawatan kulit alami atau menggunakan produk kosmetik dan kecantikan. Umumnya, kondisi ini mudah diatasi dalam beberapa hari.

Cara Mencegah Kulit Tangan Kering

Berikut ini cara mencegah kulit telapak tangan kering:

  • Bila Anda terlalu sering cuci tangan hingga kulit tangan kering, Anda mungkin harus selalu membawa pelembap juga.
  • Gunakan pelembap berbahan dasar gliserin, minyak jojoba, dan lidah buaya.
  • Bila Anda bekerja dengan bahan-bahan kimia, maka gunakan sarung tangan.
  • Hindari panas yang berlebihan seperti penggunaan hand dryer atau pengering tangan.

Selain itu, Anda dapat merawat kulit tangan dengan perawatan kulit sehari-hari seperti menggunakan pelembap dan losion. Itulah pembahasan tentang cara mengatasi kulit kering pada tangan. Semoga informasi ini bermafaat!

 

  1. Brusie, Chaunie RN, BSN. 2017. How to Heal and Prevent Dry Hands. https://www.healthline.com/health/dry-hands. (Diakses pada 3 April 2020).
  2. Fletcher, Jenna. 2018. How do I get rid of my dry hands?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321212. (Diakses pada 3 April 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi