Benarkah Kulit Manggis Bisa Jadi Obat Diabetes?

manggis-doktersehat
Photo Source: Flickr/imke.sta

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat iklan tentang produk kulit manggis yang diklaim bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat tersebut adalah bisa menjadi obat diabetes. Apakah hal ini memang benar?

Dampak Konsumsi Kulit Manggis bagi Diabetes

Indonesia adalah negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi nomor empat di seluruh dunia. Pada tahun 2000, jumlah pengidapnya adalah 8,4 juta orang. Diperkirakan, pada 2030 mendatang jumlahnya mencapai 21,3 juta jiwa.

Pakar kesehatan menyebut manggis sebagai buah dengan senyawa aktif seperti xanthone, antisoanin, tanin, fenol, terpen, dan berbagai macam vitamin. Senyawa xanthone ini bersifat antidiabetik dan antioksidan. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa membantu penderita diabetes mengendalikan kadar gula darah.

Selain itu, sifat antioksidan di dalam manggis juga bisa membantu melawan stres oksidatif dan paparan buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan peradangan dan komplikasi diabetes. Sifat ini juga bisa membantu mencegah kerusakan jaringan, kematian sel, dan masalah pada ginjal.

Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa ekstrak yang dibuat dari kulit buah manggis bisa membantu menurunkan jumlah kreatinin plasma sekaligus mencegah kerusakan pada ginjal di dalam tubuh penderita diabetes.

Penelitian ini juga menghasilkan fakta bahwa kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis bisa memberikan perlindungan bagi jaringan dari kerusakan oksidatif dan masalah hiperglikemia.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Jaya Mahar Maligan dan rekan-rekannya dari Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang menghasilkan fakta bahwa kandungan xanthone mampu menurunkan dampak buruk dari diabetes. Kandungan ini bisa membantu mengendalikan kadar gula darah.

Mengingat diabetes tidak bisa disembuhkan, bisa dihasilkan fakta bahwa ekstrak kulit manggis bukanlah obat diabetes, namun ekstrak ini bisa digunakan sebagai pengendali diabetes sehingga bisa mencegah datangnya komplikasi yang berbahaya.

Berbagai Manfaat Kulit Manggis Lainnya

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari ekstrak kulit manggis dan buah manggis.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Baik bagi Kesehatan Jantung

Pakar kesehatan menyebut ekstrak kulit manggis bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan tembaga, magnesium, dan mangan di dalamnya. Selain itu, di dalam kulit manggis juga terdapat kandungan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan mengendalikan denyut jantung.

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, pakar kesehatan menyebut ekstrak kulit manggis bisa membantu menurunkan risiko terkena stroke serta penyakit jantung.

2. Baik bagi Saluran Pencernaan

Sebagaimana buah pada umumnya, manggis memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa membantu mencegah atau mengatasi sembelit.

Selain itu, di dalam manggis juga terdapat kandungan prebiotik yang akan membuat kadar bakteri baik di dalam usus semakin meningkat sehingga akan membuat pencernaan dan sistem kekebalan tubuh semakin membaik.

3. Mengatasi Peradangan di Kulit

Kandungan antioksidan dan anti inflamasi di dalam kulit manggis disebut-sebut bisa melawan radikal bebas dan peradangan di dalam kulit sepeti jerawat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rutin minum jus manggis secara rutin dan menjadikannya pengganti minuman manis seperti teh manis atau kopi instan bisa membantu menurunkan berat badan dengan signifikan. Hal ini tentu bisa mencegah datangnya masalah obesitas.

5. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Lebih Kuat

Kandungan vitamin C dan serat di dalamnya yang tinggi akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat. Manggis juga memiliki sifat anti bakteri yang bisa membantu mencegah datangnya penyakit.

 

Sumber:

  1. Husen, Saikhu Ahmad. 2019. Kulit Buah Manggis, Terobosan Terapi Penderita Diabetes. http://fst.unair.ac.id/kulit-buah-manggis-terobosan-terapi-penderita-diabetes/. (Diakses pada 28 September 2019).
  2. Maligan, Jaya Mahar. 2018. Peran Xanthon Kulit Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) Sebagai Agen Antihiperglikemik. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jiphp/article/viewFile/2813/pdf. (Diakses pada 28 September 2019).