Atasi Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami Berikut ini

kulit-kepala-kering-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Tidak hanya kulit tubuh saja yang bisa kering, kulit kepala juga bisa kering jika tidak dirawat. Seringkali, kulit kepala kering mengakibatkan berbagai masalah, seperti gatal, ketombe, serta rambut rontok. Salah satu penyebab kulit kepala menjadi kering adalah penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala, seperti sampo, pelembap rambut, vitamin rambut, dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi kulit kepala kering? Simak informasinya berikut ini.

1. Lidah Buaya

Jika Anda mengalami masalah kulit kepala kering, jangan khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan cara menggunakan lidah buaya. Seperti yang Anda tahu bahwa lidah buaya seringkali dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut agar tetap sehat dan terhindar dari masalah kerontokan rambut. Sifat antiradang dari lidah buaya juga dapat melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi iritasi kulit. Caranya, belah lidah buaya yang masih segar, lalu usapkan bagian gelnya ke seluruh kulit kepala Anda. Diamkan selama beberapa menit sampai meresap, kemudian bilas hingga bersih.

2. Minyak Zaitun dan Soda

Bahan alami selanjutnya yang ampuh mengatasi kulit kepala kering adalah minyak zaitun dan soda. Kedua bahan tersebut memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan. Minyak zaitun dikenal sebagai pelembap kulit alami, sedangkan soda bersifat antijamur dan antibakteri. Sehingga, jika kedua bahan tersebut dikombinasikan untuk merawat kulit kepala kering, maka pilihan tersebut sangatlah tepat. Untuk mengaplikasikannya, Anda perlu mencampurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan satu banding satu. Lalu, oleskan ke kulit kepala sambil dipijat secara perlahan. Biarkan selama beberapa menit, kemudia bilas hingga bersih.

3. Apokat

Buah yang satu ini memang dikenal memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, asam lemak tak jenuh dalam alpukat ternyata tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh saja, melaikan untuk kesehatan kulit kepala. Sebab, kandungan tersebut bisa melindungi kulit kepala dari kekeringan. Haluskan buah apokat yang telah matang, kemudian tambahkan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut sampai merata. Lalu, aplikasikan ke kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan kurang lebih selama 10-15 menit. Terakhir, bersihkan dengan air sampai bersih.