Terbit: 28 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak hanya daging buah saja yang dapat menjadikan kulit tetap sehat dan cantik. Anda juga dapat memanfaatkan bagian kulit buah. Siapa yang menyangka jika sejumlah buah justru memiliki kandungan zat aktif yang cukup beragam pada bagian kulitnya. Salah satu kulit buah yang kerap dimanfaatkan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit adalah kulit buah jeruk. Kendati demikian, sepertinya Anda juga dapat menggunakan sejumlah kulit buah berikut.

Ragam Kulit Buah yang Ampuh Menjaga Kesehatan Kulit

1. Kulit Lemon

Anda yang sedang memiliki masalah dengan jerawat rupanya dapat memanfaatkan kulit lemon. Dilansir dari laman Beauty Tips 4 Her, kulit lemon merupakan bahan yang tepat untuk meredakan dan membasmi jerawat. Hal ini lantaran kulit lemon dilengkapi dengan kandungan zat anti peradangan dan anti-bakteri yang cukup banyak. Lebih lanjut, penggunaan kulit lemon ternyata juga mampu menjadikan kulit tampak lebih cerah dan merona.

2. Kulit Pomegranate

Selain kulit lemon, Anda juga bisa menggunakan kulit dari buah pomegranate. Sebagai tambahan informasi, kulit buah pomegranate ini mengandung vitamin C dan vitamin E yang membantu menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Apalagi dua vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan yang mampu menjaga kulit terlihat awet muda. Tidak heran jika penggunaan kulit buah pomegranate dapat menjadikan kulit tetap kencang dan bebas dari kerutan.

3. Kulit Apel

Berbeda lagi dengan Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Bahan perawatan yang terbuat dari kulit apel merupakan salah satu solusinya. Apalagi kulit apel dilengkapi dengan kandungan polyphenols yang ampuh menangkal dampak buruk radikal bebas dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Tidak heran jika kulit akan tampak lebih cerah dan tetap terjaga kesehatannya.

Nah, sejumlah kulit buah di atas dapat dijadikan referensi untuk merawat kesehatan kulit secara alami. Anda pun juga bisa mengombinasikannya dengan beberapa bahan alami lainnya. Mulai dari minyak esensial atau pun bubuk tanaman herbal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi