Terbit: 24 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah dan sayur apa yang paling sering Anda konsumsi atau Anda olah? Saat mengolah buah atau sayur, kita tentu kerap membuang bagian kulit atau bagian batangnya, ya.

Jangan Dibuang, Kulit Buah & Batang Sayuran Ini Justru Bermanfaat

Hal ini tentu wajar mengingat sebagian besar bagian tersebut tidak bisa dimakan atau cukup keras untuk dikonsumsi.

Akan tetapi, ada lho beberapa bagian kulit buah dan batang sayur yang justru sangat bermanfaat jika juga ikut kita konsumsi.

Buah-lunturkan-lemak-lebaran-doktersehat-1

Ya, beberapa jenis buah dan sayur yang umumnya bagian kulit dan batangnya dibuang, sebenarnya mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Hal ini tentu saja disebabkan, bagian tersebut juga memiliki banyak zat dan gizi yang sama bermanfaatnya dengan bagian daging buah atau bagian utama sayur lainnya.

Lantas, buah dan sayur apa saja yang harus kita manfaatkan bagian kulit dan batangnya dengan maksimal? Yuk, sama-sama kita simak di bawah ini!

1. Kulit buah lemon

Anda gemar mengolah buah lemon? Ya, buah yang terkenal manfaatnya akan kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi ini memang kerap rutin dikonsumsi atau diolah menjadi perawatan kecantikan dirumah oleh banyak orang.

Jika Anda sedang mengolah buah lemon sebagai bagian dari masakan atau sajian lainnya, Anda patut memanfaaatkan bagian kulit buah lemon.

Bagian paling luar kulit buah lemon dinilai mampu memberikan aroma dan citarasa khas pada masakan. Sedangkan, bagian kulit lemon, atau jenis jeruk lainnya, juga bisa dimanfaatkan sebagai campuran dalam masakan lho.

doktersehat-lemon-cerahkan-ketiak

Photo Credit: Pexels.com/Lisa Fotios

Suatu studi pada tahun 2004, menyebutkan bahwa penggunaan bagian kulit jeruk mampu memberikan manfaat berupa penurunan kadar kolesterol.

Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan menghilangkan terlebih dahulu rasa pahit pada kulit lemon dengan cara memotong dan merendamnya pada air, setelah itu Anda dapat mencampurkannya dalam bumbu masakan.

2. Kulit buah apel

Kulit buah apel memang sudah cukup lazim langsung dikonumsi, ya. Hal ini didukung dengan adanya kandungan antioksidan jenis quercentin yang ada cukup banyak jumlahnya pada kulit buah apel.

Selain itu, kandungan berbagai jenis serat pada buah apel akan lebih maksimal jika kita juga mengonsumsi bagian kulitnya.

doktersehat-buah-apel

Kedua keunggulan tersebut membuat kulit buah apel sangat layak untuk ikut kita olah atau langsung dikonsumsi, bukan?

Anda bisa mengolah apel dengan kulitnya dengan membuatnya sebagai jus atau dengan sajian lain yang lebih unik yaitu membuatnya sebagai apel panggang.

3. Kulit buah semangka

Buah semangka yang super menyegarkan ini ternyata tidak hanya bisa kita rasakan manfaat daging buahnya, saja lho.

Bagian kulit semangka, yaitu bagian putih dekat kulit terluar, akan sangat bermanfaat untuk tubuh karena sama-sama mengandung banyak cairan, vitamin C hingga kandungan asam amino jenis L-citruline yang mampu meningkatkan fungsi kerja otot.

doktersehat-khasiat-minyak-biji-semangka

Photo Credit: Pexels.com/rawpixel.com

Hal tersebut membuat kulit semangka menjadi bagian yang patut dipertimbangkan untuk kita konsumsi. Anda bisa langsung memakan bagian kulit semangka saat mengonsumsi buah semangka segar, atau mengolah kulit semangka menjadi olahan tertentu, misalnya acar.

4. Batang sayur bayam

Jika Anda hanya mengonsumsi daun bayam saat mengolah bayam untuk sayur atau jus, maka kini usahakan selalu mengolah dan mengonsumsi bagian batang pada sayur bayam, ya.

Hal ini penting mengingat kelengkapan jenis serat pada bayam akan semakin optimal jika kita juga mengnonsumsi bagian batang bayam. Anda bisa mengonsumsi seluruh bagian batang pada bayam, kecuali bagian keras dekat akar, ya.

5. Batang brokoli

Meskipun dianggap keras, nyatanya manfaat dari brokoli akan semakin optimal jika kita ikut mengolah bagian batangnya.

doktersehat-manfaat-brokoli

Photo Credit: Pexels.com

Kandungan serat dan mineral seperti asam folat dan zink akan diserap tubuh dengan maksimal jika kita juga mengonsumsi sebagian besar bagian batang brokoli. Anda bisa tetap mengolahnya menjadi banyak sajian, baik masakan, minuman atau camilan yang super sehat, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi