Kulit Ayam, Dibuang atau Tetap Dimakan?

Bahaya-cuci-daging-ayam-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Alpha

DokterSehat.Com– Salah satu bagian dari daging ayam yang paling enak untuk dikonsumsi adalah kulitnya. Kebanyakan dari kita bahkan memilih untuk menjadikan kulit ayam goreng yang renyah sebagai yang terakhir untuk dimakan karena rasanya yang sangat enak. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut bagian ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi sehingga jika sering dikonsumsi bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian, jika kita membuang kulit ayam, maka daging ayam yang kita konsumsi memiliki kandungan lemak 6 kali lebih sedikit. Sebagai informasi, jika kita mengonsumsi daging ayam seberat 300 gram lengkap dengan kulitnya, maka kita bisa mendapatkan 2,5 gram lemak jenuh dan 50 kalori dalam jumlah yang lebih banyak.

Hanya saja, lemak di dalam kulit kebanyakan adalah lemak tak jenuh tunggal dengan kadar kolesterol jahat yang tidak terlalu banyak sehingga kita tidak perlu membuangnya. Jika kita memasak daging ayam sendiri di rumah, kita masih bisa mengonsumsi kulitnya. Meskipun begitu, jika kita menggoreng daging ayam dengan kulitnya, maka ada kemungkinan kulit ayam juga kaya akan lemak tidak sehat. Selain itu, jika kita membeli ayam tepung goreng di restoran cepat saji, bagian kulitnya juga memiliki tambahan lemak jenuh dan kolesterol yang cukup banyak sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Jika kita mengolahnya dengan cara yang tepat, dijadikan sup misalnya, maka kulit ayam bisa menyediakan kandungan nutrisi yan baik seperti protein, vitamin, dan mineral. Mengonsumsinya juga bisa meningkatkan kadar lemak baik di dalam tubuh yang sangat penting bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi kulit ayam hingga lebih dari 2 porsi atau sekitar 100-150 gram dalam sehari. Selain itu, pastikan untuk tidak mengolahnya dengan cara digoreng atau digoreng dengan tambahan tepung yang membuat kandungan lemak jenuh dan kalorinya semakin meningkat. Jika kita ingin menikmati kulit ayam yang nikmat dan gurih, memanggangnya atau merebusnya bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik. Selain itu, pastikan untuk tidak menambahkan garam atau bumbu kemasan terlalu banyak pada kulit ayam. Akan jauh lebih baik untuk menambahkan bumbu atau rempah-rempah alami yang lebih sehat demi mencegah konsumsi natrium dengan berlebihan.