Kulit Ari Kacang Bisa Bikin Batuk?

doktersehat-kacang-tanah

DokterSehat.Com– Banyak orang yang memilih untuk mengupas kulit ari kacang tanah yang mereka konsumsi karena berpikir jika kulit ari ini tidak begitu berfungsi dan bahkan bisa menyebabkan batuk. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa kulit ari kacang tanah ternyata tidak akan menyebabkan batuk. Kita bahkan bisa tetap mengonsumsi kulit ari ini tanpa perlu khawatir. Hanya saja, jika memang kita sudah terbiasa mengupasnya, maka hal ini juga tidak apa-apa untuk dilakukan karena kita tidak akan kehilangan manfaat dari kacang tanah.

Lantas, bagaimana jika kita sedang batuk? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap mengonsumsi kacang, namun bukan yang berupa kacang goreng, melainkan kacang panggang atau kacang rebus. Kacang goreng bisa saja memiliki kandungan minyak atau lemak bisa membuat iritasi pada tenggorokan sehingga tentu akan memperparah batuk.

Kacang adalah salah satu jenis camilan yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Rasanya juga sangat enak sehingga sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi. Menurut Boldsky, rutin mengonsumsi kacang tanah yang kaya akan kandungan asam tak jenuh tunggal bisa membantu menjaga kestabilan kolesterol yang tentu akan membantu kita mencegah datangnya penyakit jantung atau stroke.

Rutin mengonsumsi kacang juga akan membantu kita menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan mangan yang bisa menyerap kelebihan glukosa dalam darah. Hal ini berarti, rutin makan kacang bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

Rutin makan kacang juga bisa menurunkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti kanker, batu empedu, dan gangguan psikis seperti stres atau depresi. Melihat ada banyak sekali manfaat dari kacang, tak perlu ragu untuk sering mengonsumsinya.