Waspada, Kuku Rapuh Adalah Pertanda Adanya Penyakit

doktersehat-kaki-nyeri-jari-jamur-kuku-1024

DokterSehat.Com– Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang letaknya terdapat pada ujung jari. Kuku sendiri berbentuk gel yang mengeras dan menyatu dengan bagian ujung jari. Fungsi dari kuku adalah melindungi jaringan serta sel di ujung jari dari gangguan luar, misalnya sentuhan atau benturan. Sebab, jaringan halus ini sangatlah sensitif dan mudah luka.

Namun, seiring berkembangnya zaman, kuku pun bertambah fungsinya menjadi pendongkrak penampilan. Hal itu dibuktikan dengan munculnya berbagai tempat perawatan kuku, mulai dari merawat bentuk sampai mewarnai kuku. Tapi, ada satu kondisi yang membuat kuku menjadi tak bisa dibentuk dan diwarnai, yaitu kuku yang rapuh.

Tak sedikit orang memiliki kuku yang rapuh. Kuku rapuh sendiri sering dianggap remeh dan hal biasa oleh sebagian orang. Padahal, sebenarnya kuku rapuh merupakan pertanda bahwa sedang ada penyakit yang mengancam. Apalagi kerapuhan tersebut dibarengi dengan perubahan warna yang signifikan pada kuku.

Agar lebih jelas, berikut adalah kemungkinan yang terjadi jika kuku Anda rapuh:

1. Infeksi Jamur

Normalnya, kuku akan tumbuh kuat dengan warna putih segar. Namun, jika kuku Anda berubah menjadi lebih tebal, rapuh, dan berubah warna menjadi kekuningan, maka itu bisa pertanda telah terjadi infeksi jamur pada area kuku Anda. Jika sudah seperti ini, jangan biarkan kuku tersebut dalam keadaan lembap, sebab akan memperparah keadaan sehingga menimbulkan bau tak sedap.

2. Gangguan Tiroid

Untuk masalah selanjutnya adalah tiroid. Memang terdengar sedikit menakutkan, tapi itulah faktanya. Telah banyak terjadi, orang yang memiliki kuku rapuh mengalami gangguan hormon yang akibatnya membuat produksi kelenjar menjadi kacau. Jika tidak segera dibiarkan, maka gangguan tiroid ini akan semakin sulit disembuhkan.

3. Anemia

Kuku yang rapuh juga bisa pertanda bahwa seseorang sedang mengalami anemia. Apalagi kuku tersebut sampai berubah warna menjadi sangat pucat. Selain itu, yang mencirikan lagi adalah terjadinya rasa dingin pada kuku tangan dan kaki, walaupun sedang dalam kondisi panas. Jika benar demikian, maka segeralah mengatasinya karena anemia sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.