Kuku Mudah Patah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

doktersehat-kuku-patah-kuteks

DokterSehat.Com– Jika kita menemukan kuku mudah patah, ada baiknya kita mewaspadai adanya masalah kesehatan tertentu yang patut kita waspadai. Apa sajakah masalah kesehatan tersebut?

Kekurangan vitamin
Pakar kesehatan dr. Christa Tomc yang berasal dari Westlake Dermatology menyebutkan bahwa kuku yang mudah patah dan rapuh menandakan bahwa kita sedang kekurangan asupan vitamin B, C, D, E, dan juga zat besi. Karena alasan inilah ada baiknya kita memperbaiki pola makan agar menajdi lebih sehat dan bergizi serta mengkonsumsi beberapa suplemen vitamin dan mineral.

Kekurangan protein
Kekurangan asupan protein ternyata juga bisa mempengaruhi kekuatan kuku. Hal ini disebabkan oleh peran protein dalam menjaga kondisi kuku. Beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi untuk menambah asupan protein dalam tubuh adalah daging sapi tanpa lemak, daging unggas, telur, kacang-kacangan, atau susu rendah lemak.

Mengalami dehidrasi
Tak disangka, kehilangan cairan tubuh ternyata juga bisa menyebabkan kuku menjadi semakin rapuh.

Kerap terpapar air
Jika kuku kita kerap terpapar oleh air layaknya yang terjadi pada nelayan atau petani rumput laut yang kerap bekerja di lautan, maka resiko kuku untuk mudah patah juga meningkat.

Berlebihan memakai cat kuku
Meskipun bisa membuat kuku menajdi lebih cantik, cat kuku ternyata bisa membuat kuku menjadi lebih rapuh dan patah jika digunakan dengan berlebihan. Pakar kesehatan menyarankan penggunaan cat kuku maksimal 5 hari saja demi menjaga kondisi kesehatan dan kekuatannya.

Kekurangan pelembab
Jangan salah, tidak hanya kulit kita saja yang membutuhkan pelembab. Kuku ternyata juga membutuhkannya. Karena alasan inilah ada baiknya kita mengoleskan produk pelembab pada kuku dan permukaan tangan demi menjaga kelembaban kuku sehingga membuatnya tidak mudah patah.