5 Kriteria Penis yang Sehat dan Normal

tanda-penis-normal-doktersehat

DokterSehat.Com – Meski sangat penting dan sering digunakan untuk melakukan seks baik solo atau dengan pasangan, pria jarang sekali memperhatikan kesehatan organ vitalnya. Bahkan, tak jarang seorang pria tidak mengetahui seperti apa kriteria penis sehat dan normal.

Cara mengetahui apakah penis sehat atau mengalami gangguan yaitu dengan memerhatikan beberapa hal. Setelah itu, lakukan perawatan dengan baik agar fungsi seksual dan reproduksinya tidak mengalami gangguan di kemudian hari. Berikut kriteria yang harus Anda perhatikan.

  1. Penis merah dan iritasi

Kriteria penis sehat tentu warnanya akan mengikuti kulit lain yang ada di tubuh dan kadang sedikit gelap. Kalau Anda mendapati kulit penis memiliki warna lebih merah dan kusam berarti sedang ada beberapa masalah pada kulit seperti pengendapan kotoran atau terjadi eksim yang membuat kulit jadi kasar dan gatal.

Penis harus segera diberi semacam krim pelembap agar tidak kering dan warnanya kembali. Kalau Anda membiarkannya rasa gatal akan muncul dan Anda bisa tidak sengaja menggaruknya dan menimbulkan luka. Kalau sudah muncul luka peluang terjadi iritasi akan tinggi.

  1. Sering terasa nyeri

Penis juga bisa terasa nyeri di bagian kepalanya karena beberapa hal. Hal yang paling sering adalah infeksi akibat luka atau penularan penyakit seksual. Rasa nyeri ini akan semakin parah kalau Anda tidak segera mengatasinya. Bersihkan penis dengan sempurna lalu beri obat krim atau obat sejenis antibiotik sesuai resep dokter.

Rasa nyeri yang muncul pada kepala penis juga bisa terjadi karena ada penumpukan kotoran. Kejadian ini lebih banyak menyerang pria yang tidak sunat. Karena kulup yang menyelimuti kepala penis susah dibersihkan, ada kemungkinan bakteri tumbuh subur di sana.

  1. Bengkok atau tidak

Penis yang dimiliki oleh pria memang tidak selalu lurus saat mengalami ereksi. Ada kalanya penis agak bengkok ke atas atau mungkin ke bawah. Kalau saat bengkok Anda tidak mengalami rasa sakit mungkin tidak ada masalah. Namun, kalau sampai menimbulkan rasa sakit berarti ada masalah di sana. Kemungkinan penis mengalami penyakit Peyronie.

  1. Tidak ada darah di urine

Kriteria penis sehat akan mengeluarkan urine dengan warna jernih dan tidak busa. Warnanya agak kekuningan karena ada kandungan ureanya. Kalau warna urine yang keluar jadi kemerahan berarti sedang ada masalah pada prostat atau organ di dalamnya.

Perdarahan muncul karena ada pembuluh darah yang pecah atau ada iritasi di dalam penis. Kalau Anda tidak segera menyembuhkannya ada kemungkinan kerusakan hingga memicu kanker pada prostat yang berada tidak jauh dari kandung kemih.

  1. Tidak ada bisul dan kutil

Penis yang sehat dan normal tidak akan memiliki benjolan kecil-kecil baik itu bisul atau pun kutil. Kalau sampai ada bisul atau kutil di kulit penis, kemungkinan ada dua hal yang sedang terjadi. Kulit penis memang sedang kotor atau ada penularan penyakit seksual seperti herpes genitalis dan kutil kelamin.

Segera periksakan diri ke dokter dan jangan tunda lagi. Kalau sampai Anda menundanya, kemungkinan besar akan ada gangguan yang jauh lebih besar. Selain itu, dua penyakit yang ada pada penis ini juga bisa menular ke pasangan kalau seks dilakukan tanpa pengaman.

Semoga setelah membaca ulasan lima kriteria penis sehat dan normal di atas kita bisa lebih memerhatikan kesehatan dari penis setiap harinya.