Pertimbangkan 7 Kriteria Ini Sebelum Menggunakan Kondom

doktersehat memilih kondom yang tepat
photo credit: freepik

DokterSehat.Com – Salah satu alat kontrasepsi yang dikenal aman dan bisa mencegah penularan penyakit seksual adalah kondom. Alat ini mudah didapatkan di pasaran dan penggunaannya juga mudah. Pria bisa menggunakannya kapan saja saat seks kalau ingin menunda kehamilan dan mencegah penularan penyakit.

Meski seks dengan kondom terbilang aman, tidak semua pria menikmatinya. Terkadang, jenis kondom tertentu membuat mereka tidak nyaman. Hal senada juga terjadi pada wanita karena kondom terkadang membuat mereka jadi alergi. Nah, agar kondom yang digunakan ini bisa cocok untuk dua belah pihak, ada baiknya pasangan mempertimbangkan kriteria di bawah ini.

  1. Bahan

Secara umum, bahan kondom yang banyak tersedia di pasaran adalah lateks. Bahan ini dikenal sangat aman dan bisa mencegah kehamilan dan juga penularan penyakit seksual. Sayangnya tidak semua orang tahan dengan lateks karena ada yang alergi saat menggunakannya.

Alternatif lain dari lateks adalah polyurethane yang lebih elastis meski gampang terjadi selip. Kulit kambing yang tidak cocok untuk pencegahan penyakit seks dan polyisoprene yang saat ini mulai banyak digunakan karena dikenal sangat aman.

  1. Membaca kemasan

Sebelum membeli kondom baca kemasannya terlebih dahulu. Kondom memiliki beberapa komponen penting seperti bahan dan tanggal kedaluwarsa. Meski kondom tidak dikonsumsi, menggunakan kondom yang tidak layak pakai cukup berisiko. Pertama kemungkinan kondom bocor cukup tinggi saat digunakan.

  1. Kekuatan bahan

Setiap kondom memiliki kekuatan bahan yang berbeda-beda. Ada jenis kondom yang melekat kuat di penis sehingga pria merasa tidak nyaman, bahkan bisa kehilangan ereksinya. Selain itu ada yang tekanan kondomnya tidak terlalu besar sehingga pria lebih nyaman saat menggunakannya.

Kalau Anda menggunakan kondom yang tidak nyaman, lebih baik di lepas dan diganti dengan yang lain. Penis yang terasa sakit justru berbahaya karena kemungkinan terjadi cedera cukup tinggi.

  1. Pelumas

Kondom yang dijual di luaran sana terdiri dari dua jenis. Pertama adalah kondom dengan pelumas dan yang kedua kondom kering. Kondom dengan pelumas biasanya lebih licin dan mengandung bahan pelicin seperti silikon, air, atau mungkin spermisida jenis nonoxynol-9.

Sebelum menggunakannya, coba cek dulu kandungan pelumasnya. Kalau Anda lebih suka menggunakan kondom kering, ada baiknya untuk tidak menggunakan pelumas tambahan yang berbahan minyak. Kondom jenis lateks biasanya mudah robek kalau digunakan dengan pelumas tersebut.

  1. Ukuran

Di Indonesia sendiri ukuran kondom yang banyak dijual di pasaran berjenis all size. Jarang sekali ada kondom dengan label XL atau mungkin XXL. Karena standar penis di Indonesia tidak setinggi di Eropa atau Afrika, produsen hanya menjual yang standar saja.

Kalau Anda memiliki penis yang jauh lebih besar, ada baiknya untuk membeli yang jenis besar, Membeli kondom yang kekecilan rawan robek atau membuat penis jadi sakit.

  1. Permukaan

Permukaan kondom bermacam-macam. Ada yang halus ada yang memiliki tekstur tertentu. Tekstur luar dari kondom ini digunakan untuk memberikan sensasi berbeda pada pasangan. Anda bisa menggunakannya kalau pasangan juga menyetujuinya.

  1. Kondom untuk penggunaan khusus

Beberapa kondom memiliki variasi unik seperti warna-warni, memiliki aroma atau rasa tertentu, hingga bisa menyala di dalam gelap. Aneka kondom ini bisa digunakan, tapi bukan untuk reguler. Gunakan saja untuk sekadar berfantasi atau dalam rangka rekreasi seksual.

Inilah tujuh kriteria yang harus dipertimbangkan oleh pasangan sebelum memutuskan memakai kondom. Semoga bisa memberikan gambaran yang jelas sehingga aktivitas seks yang Anda lakukan tetap aman dan nikmat.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria