Begini Cara Sehat Makan Krim Topping pada Cake

doktersehat-krim-cake
Photo Credit: Flickr.com/Jonathan McIntosh

DokterSehat.Com– Mengonsumsi cake tentu tidak lengkap tambahan krim toppingnya yang lembut ya. Cake selalu identik dengan krim yang kerap ditambahkan pada bagian atas atau lapisan roti cake. Meskipun enak, jika konsumsinya berlebihan maka tentu dapat mengganggu kesehatan, ya.

Untuk itu, kita perlu mengetahui bagaimana sih cara agar bisa tetap mengonsumsi cake dengan toppingnya namun tetap sehat.

Beberapa hal yang bisa diperhatikan agar krim topping cake sehat adalah dengan mengontrol bahan baku pembuatan, cara penggunaan dan jumlah konsumsinya, yaitu dengan:

1. Membuat sendiri krim cake dari bahan pilihan

Jika biasanya Anda menggunakan krim kemasan, maka kini selalu buatlah sendiri krim cake Anda. Gunakan gula rendah kalori atau susu rendah lemak.

Selain itu jika Anda ingin menambahkan berbagai rasa gunakan bahan yang memiliki kandungan gizi tinggi, misalnya:

  • Krim dari dark chocolate, yang kaya akan antioksidan
  • Krim dengan campuran kacang atau selai kacang, merupakan sumber protein nabati yang baik, atau
  • Krim dengan campuran labu kuning, yang memberikan asupan vitamin

Dengan pilihan krim di atas maka krim pada cake Anda akan tampil beda dan semakin sehat, kan?

2. Hanya tambahkan krim cake pada bagian atas saja

Jika Anda kerap menambahkan krim cake diantara lapisan cake atau isian donat atau cupcake, maka sebaiknya hal ini dihindari ya.

Kondisi ini akan meningkatkan asupan gula, sehingga akan sangat sehat jika Anda tambahkan krim pada bagian atas secukupnya atau tidak terlalu tebal.

Hindari pilihan cake dengan lapisan krim atau isian krim utamanya jika Anda membeli cake dari luar yang bahan baku krimnya tidak bisa Anda kontrol.

3. Batasi porsi konsumsinya

Umumnya satu hingga dua porsi, masing-masing 60-90 gram, cake boleh kita konsumsi dalam satu hari. Selama penambahan krim cake tidak berlebihan dan asupan cake tidak melebihi kebutuhan gizi tubuh lainnya. Satu porsi cake cokelat dengan topping krim vanila dilengkapi potongan buah bisa dipilih sebagai menu camilan selama asupan gizi yang lain tetap seimbang ya.