Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sobat Sehat pasti pernah melihat kartun Chibi Maruko-Chan, bukan? Tak hanya disukai anak-anak, cukup banyak orang dewasa yang masih suka melihat program kartun yang berasal dari Jepang ini karena  menunjukkan kehidupan anak-anak yang lugu dan menggemaskan. Sayangnya, kreator dari komik dan kartun ini dikabarkan meninggal dunia karena kanker payudara.

Terkena Kanker Payudara, Kreator Chibi Maruko-Chan Meninggal

Momoko Sakura, kreator dari Chibi Maruko Chan meninggal pada 15 Agustus 2018 lalu di usia 53 tahun. Upacara pemakaman telah diadakan dan hanya dihadiri oleh keluarga dan teman dekat. Kabar kematian Sakura memang dirahasiakan cukup lama demi menghormati privasi keluarga.

Sakura mulai aktif di dunia manga pada 1984 silam dengan membuat komik tentang Chibi Maruko-Chan yang menggambarkan kisah masa kecilnya yang penuh dengan rasa ingin tahu khas anak-anak. Seri dari manga ini kemudian terbit setiap bulan di majalah Ribbon sejak Agustus 1986. Komiknya kemudian menjadi semakin terkenal sehingga pada 1990 akhirnya dibuat menjadi serial anime. Serial ini juga kemudian sukses besar dan bahkan masih diproduksi hingga hari ini.

Kartun Chibi Maruko-Chan telah ditayangkan di berbagai negara sepeti Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Vietnam, dan Indonesia. Bahkan, lagu tema dari kartun ini, “ Odoru Ponpokorin” juga menjadi hit karena terjual hingga 1,73 juta kopi pada 1990 lalu.

Kanker payudara memang masih menjadi penyakit yang paling mematikan bagi kaum wanita. Gejala awal dari penyakit ini juga cenderung tidak benar-benar terasa sehingga banyak orang yang baru mendatangi dokter saat kondisinya sudah sangat parah. Karena alasan inilah pakar kesehatan meminta kaum hawa untuk selalu melakukan pengecekan pada payudaranya melalui program SADARI. Jika sampai menemukan gejala awal dari penyakit ini sedini mungkin, maka kemungkinan untuk mendapatkan kesembuhan pun meningkat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi