Terbit: 20 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buang air besar memang cenderung terkait dengan aroma yang tidak sehat, namun, kadangkala kotoran yang kita keluarkan memiliki bau yang jauh lebih busuk dari biasanya. Sebenarnya, apakah hal ini menandakan adanya masalah kesehatan?

Kotoran BAB Baunya Busuk, Berbahayakah?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kotoran dengan bau yang busuk cenderung terkait dengan malabsorpsi atau gangguan pada pencernaan. Kondisi ini membuat tubuh tidak benar-benar menyerap nutrisi makanan dengan sempurna dan akhirnya menyebabkan produksi aroma kotoran yang sangat menyengat. Beberapa penyakit yang terkait dengan masalah malabsorpsi ini adalah penyakit celiac, peradangan pada usus, intoleransi karbohidrat, intoleransi laktosa, hingga alergi pada beberapa jenis makanan tertentu.

Selain gangguan penyerapan makanan, kotoran BAB yang baunya busuk juga bisa saja disebabkan oleh konsumsi makanan yang bisa memicu produksi gas dengan berlebihan seperti daging merah, susu, brokoli, kobis, dan makanan-makanan lainnya.

Hanya saja, kondisi ini juga bisa saja terkait dengan masalah kesehatan yang lebih serius seperti gastroenteritis atau peradangan pada lambung hingga terjadinya infeksi pada usus akibat mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi bakteri seperti e.coli dan salmonella. Biasanya, selain menyebabkan kotoran saat buang air besar berbau sangat menyengat, hal ini juga akan membuat kita lebih rentan terkena kram perut.

Kondisi lain yang bisa menyebabkan kotoran berbau menyengat adalah konsumsi obat-obatan tertentu. Satu hal yang pasti, jika kondisi ini berlangsung cukup sering atau cukup lama, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter karena bisa jadi disebabkan oleh kondisi yang serius.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi