Terbit: 29 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika kopi termasuk dalam minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, sebuah penelitian terbaru membuktikan bahwa mengonsumsinya secara rutin bisa membantu mencegah hipertensi, diabetes, dan obesitas. Bagaimana cara kopi mencegah datangnya masalah-masalah kesehatan ini?

Minum Empat Cangkir Kopi Setiap Hari Turunkan Risiko Diabetes

Kopi Bisa Cegah Diabetes, Obesitas, dan Hipertensi

Penelitian ini dilakukan oleh para ahli dari dua universitas yang ada di Navarre, Spanyol, serta Catania, Italia. Para peneliti menemukan fakta tentang manfaat rutin minum kopi bagi menurunnya risiko terkena diabetes tipe2.

“Hasil penelitian yang kami lakukan membuktikan bahwa kandungan di dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen. Apapun jenis kopinya, baik itu yang berkafein atau tidak, tinggi kandungan polifenol, trigonelin, serta melanoidin yang bisa mencegah datangnya masalah kesehatan,” ungkap Esteania Toledo, pakar kesehatan dari Navarre University and Ciberobn, Spanyol.

Sebagai informasi, polifenol, trigonelin, dan melanoidin termasuk dalam kandungan antioksidan yang bersifat anti peradangan. Tak hanya ditemukan di dalam kopi, kandungan ini juga bisa ditemukan di dalam teh hijau, minuman yang dikenal luas bisa menurunkan berat badan, menurunkan stres, dan mencegah peradangan di dalam tubuh.

Khusus untuk kopi, mengonsumsinya empat cangkir dalam sehari bisa memberikan manfaat berupa meningkatnya laju metabolisme tubuh, menurunnya tekanan darah, hingga kadar gula darah yang lebih terkendali. Hanya saja, bagi mereka yang cenderung sensitif dengan kopi, mengonsumsinya dengan porsi yang lebih sedikit juga tidak apa-apa karena tetap bisa memberikan manfaat keshatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

“Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mencari tahu alasan kopi terkait dengan sistem metabolisme tubuh, tapi hal ini membuktikan bahwa minuman ini memang bermanfaat bagi kesehatan,” ujar Toledo.

Berbagai Manfaat Lain dari Rajin Minum Kopi

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat dari kebiasaan minum kopi.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Membuat Stamina Semakin Meningkat

Tak hanya menghilangkan kantuk, pakar kesehatan menyebut ada manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan jika kita rutin minum kopi, yakni bisa membuat stamina dan energi semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein di dalamnya yang bersifat stimulan atau membuat tubuh terasa jauh lebih bugar dan segar.

Kita pun bisa mendapatkan energi yang lebih baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak mudah merasa lesu seharian.

  1. Mendukung Fungsi Otak

Selain bisa membuat stamina semakin meningkat, kafein yang ada di dalam kopi juga bisa membuat fungsi otak semakin membaik. Hal ini disebabkan oleh semakin aktifnya hormon di dalam otak yang bisa membuat fungsi memori, kemampuan berpikir, berkonsentrasi, hingga suasana hati meningkat.

  1. Mencegah Demensia, Alzheimer, dan Parkinson

Tak hanya bisa membantu mencegah datangnya diabetes tipe 2, pakar kesehatan menyebut rutin minum kopi bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif seperti alzheimer, demensia, serta Parkinson. Penelitian membuktikan bahwa rutin mengonsumsinya empat cangkir kecil setiap hari bisa menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen. Bagi penderita Parkinson, rutin minum kopi juga bisa mengendalikan gejalanya.

  1. Baik bagi Liver

Mengonsumsi kopi empat cangkir setiap hari bisa membantu menurunkan risiko terkena sirosis hati mencapai 80 persen. Sebagai informasi, sirosis hati bisa membuat organ ini mengalami jaringan parut yang terkait dengan masalah kesehatan serius lainnya seperti hepatitis atau hati berlemak.

Risiko terkena kanker hati juga bisa ditekan hingga 40 persen jika kita rutin mengonsumsinya hingga tiga cangkir setiap hari.

  1. Baik bagi Jantung

Rutin minum kopi dua cangkir saja setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 22 persen.

 

Sumber:

  1. Hammond, Daniel. 2019. CUPPA LOAD OF THIS Drinking four coffees a day slashes risk of Type 2 diabetes, high blood pressure and obesity, study finds.thesun.co.uk/news/10430975/coffee-slashes-risk-diabetes-obesity/. (Diakses pada 29 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi