Terbit: 20 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kopi kini telah menjadi minuman yang digemari oleh siapa saja. Bahkan, ada yang menjadikan kopi sebagai gaya hidup. Sebagai contoh, banyak orang yang sengaja menikmatinya di kafe-kafe setelah lepas dari berbagai rutinitas. Selain itu, terkadang kita juga bisa menikmati kopi sachetan yang bisa didapatkan di warung-warung terdekat. Meskipun sama-sama memberikan kenikmatan, pakar kesehatan menyebut kopi sachetan ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Kopi Sachetan Bisa Picu Hipertensi?

Dampak sering mengonsumsi kopi sachetan bagi risiko hipertensi

Prof. Achmad Subagio yang berasal dari Universitas Jember, Jawa Timur, menyebut kebiasaan mengonsumsi kopi sachetan ternyata bisa meningkatkan risiko hipertensi. Bahkan, risiko terkena penyumbatan pembuluh darah bisa meningkat dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh cara pengolahan kopi sachetan yang biasanya sudah dilengkapi dengan krimer. Meskipun bisa membuat kopi memiliki rasa yang lebih enak, krimer jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa memicu peningkatan tekanan darah dengan signifikan.

“Krimer nabati tidak bisa dicerna dengan maksimal oleh saluran pencernaan. Hal ini sebenarnya mirip dengan mengonsumsi kolesterol kering ke dalam tubuh yang tentu akan tidak baik bagi kesehatan pembuluh darah,” ungkap Prof. Achmad.

Dampak lain yang bisa didapatkan jika terlalu sering mengonsumsi kopi sachetan

Selain bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi, pakar kesehatan menyebut sering mengonsumsi kopi sachetan atau kopi instan juga bisa menyebabkan dampak kesehatan lainnya.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  1. Meningkatkan risiko diabetes

Jika kita mau mengecek label komposisi dari kopi sachetan, kita bisa melihat kadar kalori atau kadar gula di dalam kopi ini cukup tinggi. Selain gula, terkadang kopi sachetan juga mengandung pemanis buatan. Kandungan-kandungan ini bisa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang tentu akan membuat risiko terkena diabetes meningkat dengan signifikan.

  1. Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi kopi sachetan bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung meningkat dengan signifikan. Selain karena peningkatan tekanan darah, hal ini juga bisa disebabkan oleh meningkatnya kadar kolesterol dalam darah. Sebagaimana disebutkan oleh Prof. Achmad sebelumnya, mengonsumsi kopi instan sama saja seperti menelan kolesterol kering sehingga bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

  1. Menyebabkan kanker

Sebenarnya, pakar kesehatan masih memperdebatkan kaitan antara kebiasaan mengonsumsi kopi sachetan dengan risiko kanker, apalagi dengan banyaknya hasil penelitian yang justru membuktikan bahwa minum kopi mampu menurunkan risiko terkena kanker. Hanya saja, kopi sachetan biasanya telah diberi tambahan kandungan yang tidak sehat seperti pemanis buatan atau kandungan kimia lainnya. Hal inilah yang ditengarai bisa memicu datangnya kanker.

  1. Memicu insomnia

Sudah menjadi rahasia umum jika minum kopi bisa membuat kita kehilangan rasa kantuk. Jika kita meminumnya di waktu yang terlalu malam, bisa jadi kita akan mengalami insomnia atau susah tidur. Hal yang sama juga akan terjadi jika kita mengonsumsi kopi sachetan di waktu yang tidak tepat.

Masalahnya adalah jika kita terbiasa mengalami masalah kurang tidur, dikhawatirkan sistem metabolisme tubuh akan mengalami kekacauan dan hal ini akan membuat kita lebih rentan terkena berbagai macam masalah kesehatan.

  1. Jantung berdebar-debar

Selain risiko penyakit jantung, kebiasaan mengonsumsi kopi sachetan juga bisa membuat kita mengalami jantung berdebar-debar atau denyut jantung yang tidak beraturan. Biasanya, hal ini terjadi jika kita terlalu banyak mengonsumsinya dalam sehari. Kandungan kafein di dalam kopi bisa meningkatkan adrenalin sehingga bisa menyebabkan dampak kesehatan ini. Masalahnya adalah hal ini bisa menyebabkan risiko gagal jantung meningkat dengan signifikan.

Melihat adanya fakta ini, sebaiknya memang kita tidak membiasakan diri untuk mengonsumsi kopi sachetan. Batasilah konsumsinya dan sebaiknya menggantinya dengan kopi hitam yang jauh lebih sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi