Manfaat Kopi untuk Organ Hati

fakta-kopi-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Telah banyak penelitian yang menghasilkan fakta bahwa kopi bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya adalah penelitian terbaru yang menyebutkan bahwa nutrisi di dalam kopi ternyata juga bisa memengaruhi kesehatan hati.

Dalam penelitian ini, mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari bisa mencegah datangnya kerusakan hati, penyakit yang sering terjadi pada orang-orang yang sering mengonsumsi alkohol. Fakta ini terungkap setelah para peneliti mengecek hasil dari 9 penelitian sebelumnya yang melibatkan 430 ribu peserta.

Menurut par peneliti, mengonsumsi dua cangkir kopi setiap hari menurunkan risiko terkena sirosis hati hingga 44 persen lebih rendah. Sebagai informasi, sirosis hati adalah penyakit yang berkembang dengan sangat perlahan dan membuat jaringan hati yang sehat tergantikan dengan jaringan parut.

Adanya jaringan parut ini membuat aliran darah tidak mampu masuk ke dalam hati dan membuat kemampuan organ ini dalam menyaring berbagai hal menurun dengan signifikan. Jika sampai hal ini terjadi, tubuh akan rentan dipenuhi dengan racun dan bisa membahayakan kesehatan.

Sebagai informasi, sirosis hati termasuk dalam penyakit yang serius karena memicu kematian 1 juta orang setiap tahunnya. Penemuan ini diharapkan bisa membantu proses penurunan jumlah korban yang disebabkan oleh penyakit hati.

Hanya saja, menurut dr. Wakim-Fleming dari Cleveland Clinic, meskipun kopi kaya akan antioksidan dan anti inflamasi, hal ini tidak akan memberikan manfaat bagi kesehatan hati jika seseorang menerapkan gaya hidup yang buruk seperti suka mengonsumsi alkohol.

Selain itu, dr. Wakim-Fleming juga menyarankan kita untuk tidak menambahkan gula atau krim pada kopi yang kita minum karena hal ini justru bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.