Terbit: 17 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali mitos yang terkait dengan kemunculan jerawat di kulit wajah kita. Biasanya, kita mendengar kabar yang menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan atau kacang-kacangan bisa memicu datangnya masalah kulit ini, namun, belakangan ini justru muncul kabar yang menyebut kopi juga bisa menyebabkan datangnya jerawat. Apakah kabar ini benar?

Hobi Minum Kopi Bisa Memicu Munculnya Jerawat?

Kaitan antara kopi dan jerawat

Pakar kesehatan dr. Shilpa Arora, ND, menyebut jerawat bisa muncul akibat polusi, kebiasaan membersihkan kulit, hingga pola makan kita. Khusus untuk pola makan, makanan pedas, gorengan, produk susu, hingga roti dianggap bisa menyebabkan datangnya jerawat. Menariknya, Arora juga menyebut kopi bisa menyebabkan jerawat. Hanya saja, tidak semua orang yang gemar minum kopi akan mengalaminya dan kondisi ini juga baru akan terjadi jika asupan kopi sudah sangat berlebihan.

“Penyebab utama dari jerawat seringkali adalah gangguan keseimbangan hormon. Masalahnya adalah terkadang gangguan hormon ini dipicu oleh kebiasaan makan yang tidak sehat seperti minum kopi dengan berlebihan atau terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi gula,” ucap dr. Arora.

Khusus untuk kopi, kita memang sebaiknya tidak berlebihan dalam mengonsumsinya meskipun rasanya nikmat dan bisa menambah semangat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kandungan di dalam kopi yang bisa meningkatkan kadar hormon stres. Hal inilah yang dikhawatirkan mampu menyebabkan jerawat.

Kopi juga termasuk dalam minuman bersifat diuretik yang bisa membuat kita lebih sering buang air kecil dan mengalami dehidrasi. Selain itu, jika kita lebih sering buang air kecil, dikhawatirkan mineral larut dan vitamin esensial bisa ikut keluar dari dalam tubuh. Kombinasi dari berbagai hal inilah yang akhirnya bisa menyebabkan datangnya jerawat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Beberapa makanan yang bisa membantu mencegah datangnya jerawat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 dan antioksidan jika memang ingin mencegah datangnya jerawat.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi demi mencegah kedatangan masalah kulit ini.

  1. Teh hijau

Minuman yang disebut-sebut bisa menghilangkan stres ini ternyata juga bisa membantu mencegah datangnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan polifenol yang bisa menurunkan produksi minyak alami kulit sehingga menurunkan risiko terjadinya peradangan pada kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 di Bosnia-Herzegovina menghasilkan fakta bahwa partisipan yang mengonsumsi teh hijau secara rutin selama beberapa minggu cenderung mengalami penurunan produksi minyak alami kulit dengan efektif sehingga mereka pun cenderung tidak mudah terkena jerawat.

  1. Makanan dengan kandungan asam lemak omega 3

Beberapa makanan dari biji-bijian yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti flax seeds atau biji chia sangatlah direkomendasikan jika kita ingin mencegah datangnya jerawat. Hanya saja, kita juga harus mengimbanginya dengan menurunkan asupan makanan yang digoreng.

  1. Makanan yang kaya kandungan vitamin

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan vitamin A demi mencegah datangnya jerawat. Makanan-makanan ini bisa berupa wortel, ubi jalar, labu, dan beberapa jenis sayuran dengan warna daun yang cenderung gelap. Kita juga sebaiknya memperbanyak asupan brokoli, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang kaya akan vitamin E. Pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mendapatkan vitamin D dari suplemen atau dengan cara menikmati paparan sinar matahari pagi.

  1. Makanan dengan kandungan antioksidan

Antioksidan berjenis resveratrol bisa mencegah datangnya jerawat. Kita bisa mendapatkan antioksidan ini dari buah-buahan seperti blueberry dan cranberry, kacang tanah, kacang pistachio, dan cokelat hitam.

Melihat adanya fakta ini, jangan sembarangan minum kopi atau makan gorengan demi mencegah datangnya jerawat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi