Kopi Bisa Atasi Tekanan Darah Rendah?

kopi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ikarusmedia

DokterSehat.Com– Tekanan darah rendah bisa dijelaskan sebagai kondisi kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah di dalam tubuh yang kurang dari 90/60 mmHg. Dalam dunia medis, tekanan darah rendah disebut sebagai masalah hipotensi. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang menganggap remeh masalah kesehatan ini karena menganggap hipertensi lebih berbahaya dan mematikan. Padahal, dalam realitanya tekanan darah sebaiknya dijaga dengan normal demi memastikan tubuh tetap dalam kondisi sehat dan bugar.

Dilansir dari laman Boldsky, salah satu cara untuk mengatasi masalah tekanan darah rendah adalah dengan mengonsumsi kopi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan kafein di dalam kopi yang bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga membuat tekanan darah meningkat secara alami. Dengan mengonsumsi kopi yang tidak ditambahi kandungan gula atau krim, maka kita pun bisa membuat tekanan darah menjadi normal dalam waktu yang tidak lama.

Minuman lain yang bisa membantu meningkatkan tekanan darah adalah air garam. Sebagaimana kita ketahui, garam seringkali dianggap sebagai penyebab utama masalah tekanan darah tinggi, apalagi jika dikonsumsi dengan berlebihan karena dicampurkan di dalam makanan demi menambah kelezatannya. Jika kita sampai mengalami masalah tekanan darah rendah, ada baiknya mencoba mengonsumsi air yang sudah dicampur dengan setengah sendok teh garam demi membuatnya menjadi normal kembali.

Jus buah ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah hipotensi. Hanya saja, jus yang dimaksud bukanlah yang dibuat dari sembarang buah, melainkan yang dibuat dari buah bit. Dengan mengonsumsi jus buah bit dua gelas sehari secara rutin dalam seminggu, maka kita bisa membantu mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

Bahan makanan lain yang bisa membantu kita meningkatkan tekanan darah rendah adalah madu. Dengan mengonsumsi satu sendok madu secara rutin, maka tekanan darah di dalam tubuh bisa dikembalikan ke level yang normal.

Hanya saja, banyak orang yang masih kebingungan untuk membedakan anemia dengan tekanan darah rendah mengingat gejalanya cenderung mirip, yakni tubuh yang lemas dan kepala pusing. Jika memang ragu, ada baiknya kita memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya.