Efek Samping Konsumsi Kunyit Putih Berlebihan

kuyit-pitih-doktersehat366655151

DokterSehat.Com– Mengobati suatu penyakit tidak hanya dengan cara pengobatan medis saja, melainkan dengan pengobatan alternatif, yakni dengan cara mengonsumsi ramuan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami, baik dedaunan maupun rempah. Selain itu, ramuan herbal juga diyakini lebih aman dan tidak memiliki efek samping yang cukup berbahaya.

Ramuan herbal yang biasa digunakan untuk mencegah maupun mengobati suatu penyakit adalah kunyit. Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah yang kaya akan manfaat, baik untuk menyedapkan masakan, maupun kesehatan. Pada umumnya, kunyit berwarna kuning kecokelatan atau cenderung berwarna oranye. Namun, ada jenis kunyit lainnya, yakni kunyit putih yang memiliki kandungannya tidak jauh berbeda dengan kandungan kunyit kuning.

Selain warnanya yag berbeda, kunyit putih ternyata memiliki rasa yang lebih segar dibanding dengan kunyit yang berwarna oranye. Kunyit putih memiliki rasa hampir mirip dengan jahe namun lebih pahit.

Baca juga: Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Tidak Kalah dengan Kunyit Kuning!

Kunyit putih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena memiliki manfaat mengobati penyakit maag atau asam lambung, serta dianggap mampu mengatasi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Akan tetapi, di samping khasiat kunyit putih yang baik untuk kesehatan, ternyata ada efek samping kunyit putih yang dapat mengintai Anda jika dikonsumsi terlalu berlebihan.

Efek Samping Kunyit Putih

Berikut efek samping terlalu banyak mengonsumsi kunyit putih:

1. Menyebabkan gangguan pencernaan dan saluran kemih

Mengonsumsi kunyit putih secara berlebih dapat menyebabkan gangguan perncernaan karena dapat memperparah kondisi GERD atau refluks asam lambung kepada tenggorokan. Jika hal itu terjadi, maka Anda akan merasakan nyeri dan terbakar pada dada. Selain itu, konsumsi terlalu banyak kunyit putih juga dapat menyebabkan batu ginjal dan batu empedu karena dapat memperberat kerja ginjal dalam menyaring darah.

2. Menyebabkan gangguan kesuburan

Bagi Anda yang ingin segera memiliki keturunan, ada baiknya jika Anda tidak mengonsumsi kunyit putih secara berlebihan. Karena kunyit putih bisa menyebabkan gangguan kesuburan, terutama pada laki-laki. Hal ini dikarenakan kunyit putih dapat mengganggu produksi hormon testoteron dalam darah. Sedangkan bagi wanita, mengonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menyebabkan kemandulan.

3. Menyebabkan anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah yang cukup rendah. Curcuminoid yang terkadung dalam kunyit putih dapat menyebabkan penurunan perlekatan zat besi oleh sel darah merah, sehingga kunyit putih tidak baik dikonsumsi secara berlebihan, baik bagi orang sehat maupun yang sedang memiliki tekanan darah rendah.

Baca juga: Inilah Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih

Berikut beberapa manfaat kunyit putih, di antaranya:

  • Antibakteri dan antijamur. Kunyit diyakini dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut dengan hasil yang sama dengan produk obat kumur di pasaran. Selain itu, ekstrak dari kunyit putih juga dipercaya dapat menghambat aktivitas jamur di tubuh manusia.
  • Obat antinyeri dari kunyit putih juga dipercaya bisa digunakan sebagai obat analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit. Namun, efek analgesik ini tergantung pada berapa banyak dosis yang Anda gunakan.
  • Obat ulkus tepung dari akar kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung sehingga dapat digunakan sebagai obat tukak. Manfaat ini masih memerlukan penelitian klinis pada manusia.
  • Ekstrak kunyit putih beracun juga bisa menjadi penangkal atau penawar ular. Ini bisa terjadi karena kunyit putih dapat menghambat aktivitas racun ular.
  • Anti-inflamasi. Tanaman ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat anti-inflamasi (radang atau bengkak).
  • Anti-kanker. Kunyit putih diyakini memainkan peran penting dalam penghambatan metastasis kanker atau penyebaran kanker dari organ ke organ lain. Namun, efektivitasnya untuk mengatasi kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
  • Antioksidan. Minyak atsiri kunyit putih diyakini dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu.
  • Kunyit putih juga diyakini bermanfaat untuk pengobatan gejala arthritis, asma, anti-rematik, dan obat-obatan diuretik.
  • Menurunkan kadar gula darah. Mengkonsumsi kunyit putih dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Namun, keduanya masih membutuhkan penelitian medis untuk membuktikannya.
  • Obat-obatan untuk wanita Bahkan, kunyit putih juga diduga mengobati keluhan perempuan, seperti keputihan, menghilangkan rasa sakit saat menstruasi, dan mempercepat menstruasi. Namun, ini belum terbukti secara medis dan masih perlu penelitian lebih lanjut.