Terbit: 26 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seringkali asupan gula berlebihan dikaitkan dengan risiko terkena diabetes. Padahal, konsumsi gula di atas batasan asupan yang direkomendasikan juga bisa memicu datangnya kolesterol tinggi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Konsumsi Gula Berlebihan Bisa Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

Kebanyakan orang berpikir jika kolesterol tinggi hanya akan dipicu jika kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan lemak seperti daging-dagingan, makanan laut, telur, keju, atau produk susu lainnya. Padahal, dalam realitanya, makanan yang kita konsumsi hanyalah menyumbang 30 persen total kolesterol yang ada di dalam tubuh. Sisanya diproduksi oleh tubuh sendiri.

Lantas, bagaimana bisa gula bisa mempengaruhi kolesterol dalam tubuh? Gula yang bisa menyebabkan masalah kesehatan tersebut adalah gula tambahan yang termasuk dalam karbohidrat sederhana. Gula ini bisa didapatkan dari makanan manis layaknya kue, biskuit, permen, dan camilan lainnya. Selain itu, nasi putih, roti putih, dan pasta juga bisa menjadi pemicu masalah kesehatan ini.

Hal ini disebabkan oleh kecenderungan karbohidrat yang sangat mudah untuk diserap oleh tubuh. Kondisi ini akan meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan. Hal ini akan membuat tubuh memproduksi hormon insulin. Sayangnya, produksi insulin ini bisa menyebabkan pembentukan kolesterol jahat. Jika masih ada kadar gula darah yang tidak dicerna oleh tubuh, maka insulin pun akan mengubahnya menjadi lemak berjenis trigliserida yang juga berperan besar pada meningkatnya kolesterol jahat di dalam tubuh.

Hanya saja, tidak semua gula bisa memicu masalah kolesterol tinggi. Sebagai contoh, gula alami yang bisa ditemukan pada buah-buahan utuh layaknya apel atau pir akan diserap dengan cara yang berbeda karena adanya kandungan serat. Selain itu, gula yang berasal dari karbohidrat kompleks layaknya nasi merah, roti gandum, dan sayuran juga tidak akan meningkatkan produksi hormon insulin.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan manis seperti cake, kue kering, donat, roti putih, dan minuman kemasan yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi