Terbit: 7 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Kondom vegan adalah jenis kondom terbaru yang dibuat dari bahan dasar non hewani yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan seksual para vegan, sekaligus menjaga alam dengan produk ramah lingkungan. Ketahui apa itu kondom vegan, kandungan, manfaat, serta perbedaannya dari kondom biasa.

Kondom Vegan: Manfaat, Kandungan, Efektivitas, dll

Apa Itu Kondom Vegan?

Kondom vegan adalah produk kondom ramah lingkungan yang diciptakan dari bahan-bahan non hewani. Jenis kondom ini dinilai lebih aman digunakan karena tidak melepaskan bahan kimia setelah digunakan serta limbah bekas pakainya tetap aman bagi lingkungan.

Kondom jenis ini adalah pilihan kondom terbaik untuk para vegan, karena semua produk kondom lainnya mengandung unsur hewani dan bahan kimia. Vegan adalah mereka yang sama sekali tidak menggunakan unsur hewani, termasuk makanan dan produk apapun. Karena itulah ide dasar diciptakannya kondom vegan ini.

Kondom vegan atau kondom organik ini memiliki manfaat yang sama dengan kondom biasa, yaitu mencegah kehamilan dan mengurangi risiko terpapar penyakit menular seksual, namun dibuat dari bahan-bahan yang lebih aman dan tetap nyaman untuk digunakan.

Kandungan Kondom Vegan

Apa saja kandungan kondom organik dan cara kerja kondom ini? Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Mengandung 100% Bahan Nabati

Kondom vegan adalah jenis kondom yang dibuat dari 100% bahan nabati seperti pohon karet. Produk ini sama sekali tidak memasukan unsur hewani seperti kasein, yaitu produk hewani yang terbuat dari susu kental agar kondom memiliki tekstur yang lembut.

2. Bersertifikat Vegan

Semua produk vegan telah mendapatkan sertifikasi vegan yang dapat Anda cek di The Vegan Action Foundation badge atau The Vegan Society. Produk vegan adalah produk non hewani dan yang ramah lingkungan.

3. Cruelty-Free Product 

Menghindari cruelty-free product atau produk bebas kekejaman adalah konsep yang paling diutamakan oleh para vegan, yang berarti mereka harus menggunakan produk berbasis bahan nabati dan tidak diuji pada hewan.

Sementara itu, sebagian besar produk kondom menggunakan unsur hewani dan juga dites pada hewan. Apabila Anda seorang vegan, Anda mungkin harus mengecek kandungan kondom Anda yang sesuai dengan standar dari The Vegan Trademark.

Baca Juga: 12 Jenis Kondom (No. 7 dan 8 Paling Unik!)

Manfaat Kondom Vegan

Anda mungkin bertanya-tanya apakah kondom organik memiliki efektifitas yang sama dengan kondom biasa dalam mencegah kehamilan dan penyakit menular. Ketahui manfaat kondom vegan berikut ini:

  • Memiliki efektivitas yang sama dengan kondom biasa dalam mencegah kehamilan
  • Memiliki efektivitas yang sama dengan kondom biasa dalam mengurangi risiko infeksi dan terpapar penyakit menular seksual
  • Menciptakan hubungan seksual yang lebih nyaman dan aman
  • Menyebarkan gerakan untuk menggunakan produk nabati
  • Menjaga lingkungan dari produk-produk hewani serta limbah yang sulit diurai

Yang menjadi poin penting adalah, kondom organik dapat Anda jadikan alternatif pilihan kondom yang aman bukan hanya untuk Anda dan pasangan, namun juga lingkungan.

Perbedaan Kondom Vegan vs Kondom Biasa

Berikut ini adalah perbedaan antara kondom organik dan kondom biasa, yaitu:

1. Bahan Baku

Kondom organik dibuat dari bahan alami yaitu pohon karet dan formula nabati lainnya dengan elastisitas dan tekstur yang sama dengan kondom biasa. Sementara kondom biasa umumnya dibuat dari produk hewani seperti protein susu kasein, latex, kulit domba, dan unsur hewani lainnya.

2. Bahan Kimia

Kondom organik dibuat dari bahan-bahan alami tanpa kandungan kimia berbahaya yang mungkin dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit.

Sementara kondom biasa umumnya mengandung bahan kimia seperti:

  • Gliserol: Meningkatkan risiko infeksi jamur vagina
  • Parabens: Mengganggu keseimbangan hormon dan sering dikaitkan sebagai faktor penyebab kanker payudara
  • Nitrosamines: Bahan kimia yang dilepas saat kondom berbahan latex berkoneksi dengan cairan tubuh. Bahan kimia ini mungkin meningkatkan risiko kanker perut
  • Lubricant: Kondom menyimpan lubricant atau pelumas yang juga mengandung gliserol

Kondom biasa juga mengandung bahan kimia lainnya yang mungkin menyebabkan efek samping seperti iritasi vagina.

Baca Juga: 7 Manfaat Kondom, Bukan Hanya untuk Mencegah Kehamilan!

3. Pengujian

Kondom organik diuji secara klinis dengan serangkaian penelitian yang mengutamakan kualitas produk. Sementara kondom biasa umumnya diuji pada binatang seperti kuda dan kelinci.

4. Proses Produksi

Proses produksi kondom organik bersifat sustainability atau berkelanjutan. Produksi berkelanjutan adalah proses dimana produk dibuat dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam dan ramah bagi pekerja.

5. Kualitas

Kondom vegan dan kondom biasa sama-sama memiliki kualitas yang bagus dalam fungsinya sebagai proteksi kehamilan dan penyakit seksual menular, namun kondom organik dinilai memiliki rasa yang lebih enak serta teksturnya lebih lembut karena dibuat dari bahan alami.

Baca Juga: 7 Cara Memakai Kondom yang Benar (Aman Maksimal!)

Kelebihan Kondom Vegan dari Kondom Biasa

Walaupun Anda bukan seorang vegan, Anda mungkin tetap membuat kondom organik ini sebagai kondom pilihan Anda karena kelebihannya, berikut ini:

  • Telah diuji secara klinis dan sesuai dengan standar keamanan kondom, serta disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat
  • Tidak mengandung bahan kimia
  • Bersertifikat vegan, disetujui PETA (People for the Ethical Treatment of Animals), dan Green Business Network.
  • Dibuat dari pohon karet dengan tetap melindungi dan menjaga kesehatan keanekaragaman hayati dan mengekstraksinya dengan benar
  • Produk ini tidak menggunakan pestisida, jadi secara tidak langsung Anda telah merawat pohon-pohon
  • Limbah bekas pakai tetap ramah lingkungan
  • Lebih nyaman digunakan untuk pasangan karena dibuat dari bahan alami yang jauh dari unsur-unsur kimia
  • Tidak menyebabkan iritasi, kekeringan, atau rasa tidak nyaman pada vagina wanita saat dan setelah menggunakannya
  • Kondom ini juga dinilai memiliki rasa yang lebih enak

Kondom ini juga menjadi sebuah gerakan untuk meningkatkan kesadaran banyak pihak untuk mengurangi penggunaan dan konsumsi produk hewani.

Itulah pembahasan lengkap tentang apa itu kondom vegan. Kondom vegan adalah jenis kondom yang dibuat dari bahan dasar berbasis tanaman dan ramah lingkungan. Kondom ini juga dapat menjadi alternatif kondom walaupun Anda bukan seorang vegan atau orang yang benar-benar tidak mengonsumsi daging dan semua produk turunan hewan.

 

  1. Sparks, Taylor. 2015. Pros of Vegan Condoms: The Healthy Benefits For Lasting Sex. https://www.yourtango.com/experts/erotic-educator-taylor-sparks/vegan-condoms-no-it%E2%80%99s-not-lettuce-wrap. (Diakses pada 7 Januari 2020).
  2. Seppanen, Jahla. 2019. Should You Be Using ‘Organic’ Condoms?. https://www.shape.com/lifestyle/sex-and-love/organic-condoms. (Diakses pada 7 Januari 2020).
  3. VegNewas. 2016. How Safe Is Your Vegan Seks Life?. https://vegnews.com/2016/2/how-safe-is-your-vegan-sex-life. (Diakses pada 7 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi