Terbit: 22 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Puasa yang membuat kita tidak makan dan minum seharian memang bisa membuat badan menjadi lebih lemas. Meskipun wajar terjadi, pakar kesehatan menyebut kondisi ini bisa dicegah asalkan kita menerapkan pola makan dan gaya hidup yang tepat. Hanya saja, ada beberapa jenis kondisi tubuh yang justru membuat kita merasa sangat lemas saat berpuasa. Apa sajakah kondisi-kondisi tersebut?

7 Kondisi Ini Membuat Badan Sangat Lemas Saat Berpuasa

Beberapa kondisi yang membuat badan lemas saat berpuasa

Mengingat badan yang lemas bisa membuat aktivitas sehari-hari terganggu, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperhatikan kondisi tubuh saat menjalankan ibadah puasa sehingga bisa mencegahnya di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa kondisi yang membuat badan lemas saat berpuasa.

  1. Terlalu banyak makan karbohidrat olahan

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat olahan seperti kue, biskuit, roti, permen, mie, dan makanan tinggi kandungan terigu, gula pasir, sukrosa, dan sirup jagung bisa membuat badan lebih cepat lemas.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan karbohidrat olahan dalam membuat kadar gula darah meningkat dengan cepat namun kemudian kembali turun dengan cepat. Kondisi ini justru membuat energi tubuh ikut menurun drastis dan akhirnya membuat kita merasa lemas seharian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  1. Tidak mendapatkan waktu tidur berkualitas

Di bulan puasa, banyak orang yang mengalami masalah kurang tidur. Selain karena harus bangun di waktu dini hari, terkadang karena berbagai macam aktivitgas kita harus tidur di waktu yang cukup larut. Maslaahnya adalah, jika kita mengalami kurang tidur, maka tubuh akan menjadi lebih lemas dan kurang berenergi. Hal ini justru akan membuat kita merasa lemas seharian.

  1. Kurang gerak

Banyak orang yang tidak ingin kehilangan banyak energi saat berpuasa sehingga memilih untuk tidak banyak bergerak, malas-malasan, atau bahkan tiduran seharian. Meskipun hal ini bisa menghemat energi, tubuh justru akan merasa jauh lebih lemas seharian. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa saja demi membuat badan terasa lebih bugar.

Meskipun begitu, aktivitas yang berat atau berada di lingkungan yang sangat panas memang sebaiknya kita hindari demi mencegah dehidrasi atau masalah lainnya.

  1. Tidak mendapatkan asupan kalori yang cukup

Karena tak ingin mengalami kenaikan berat badan, banyak orang yang memilih untuk makan dengan porsi yang sedikit saat sahur. Padahal, tubuh membutuhkan kalori yang cukup banyak agar bisa mendapatkan sumber energi seharian. Jika kita tidak memenuhinya, maka asupan energi tentu akan kurang dan akhirnya membuat badan lemas seharian.

Selain kalori, kita juga harus memenuhi asupan lainnya seperti protein, lemak, dan serat demi membantu tubuh tidak mudah lemas seharian.

  1. Tidak mendapatkan asupan protein yang cukup

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, selain memenuhi asupan kalori, kita juga harus memenuhi asupan protein demi menjaga keseimbangan sistem metabolisme tubuh. Jika di bulan puasa kita tidak memenuhinya, maka risiko untuk mengalami kelelahan akan meningkat dengan signifikan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi daging ikan, telur, atau kacang-kacangan demi mendapatkan asupan protein yang cukup setiap hari.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi memang rentan terjadi pada mereka yang menjalankan ibadah puasa, apalagi jika konsumsi air tidak cukup saat sahur atau berbuka. Apalagi jika kita juga lupa mengonsumsi sahur, maka risiko untuk mengalami dehidrasi akan meningkat dengan signifikan.

  1. Stres

Jika kita mengalami stres karena adanya berbagai macam masalah, maka tubuh akan mengalami peradangan yang akhirnya berimbas pada tubuh yang lebih lemas dan tidak berenergi saat puasa.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi