5 Kondisi Kesehatan Jenggot yang Harus Diwaspadai

kesehatan-jenggot-doktersehat

DokterSehat.Com – Ada pria yang memelihara jenggot, namun ada juga yang enggan memiliki jenggot. Khusus untuk yang senang memeliharanya, Anda harus memahami kondisi kesehatan jenggot.

Kondisi Kesehatan Jenggot yang Perlu Diwaspadai

Meski tidak sebanyak rambut yang ada di kulit kepala, jenggot juga perlu dirawat dengan baik agar tidak mengalami masalah. Adanya masalah pada jenggot dikhawatirkan juga akan memengaruhi penampilan. Ini dia beberapa kondisi kesehatan jenggot yang perlu diwaspadai:

  1. Muncul ketombe

Jenggot pada pria sama halnya dengan rambut yang ada di kepala bagian atas. Kalau sering terkena keringat, terkena panas, dan kotor, kulitnya akan mengalami iritasi. Akhirnya pengelupasan terjadi dan menyebabkan muncul ketombe dari lapisan kulit yang mengelupas dengan sendirinya.

Ketombe pada jenggot akan menyebabkan rasa gatal yang cukup kuat. Kalau Anda mencoba menggosok jenggot, akan ada butiran kecil yang jatuh ke bawah. Kondisi kesehatan jenggot ini bisa dirawat dengan rutin mencucinya dengan air hingga bersih. Bila diperlukan, sampo anti ketombe bisa digunakan untuk menyembuhkannya.

  1. Jenggot rapuh dan kering

Meski terkesan sehat dan tidak pernah mengalami masalah, jenggot juga bisa rapuh dan juga kering. Kalau hal ini dibiarkan, warnanya akan memudar dan terlihat tidak tebal. Oleh karena itu perhatikan kondisi dari jenggot dengan baik. Coba berdiri di depan cermin dan perhatikan apa saja yang ada di sana.

Kalau rambut di sana memang sangat kering, berikan pelembap. Biasanya pelembap ini sama dengan pelembap yang sering digunakan di rambut kepala. Oleskan setelah mandi saat rambut di jenggot masih basah. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas kembali hingga bersih.

  1. Mengalami kerontokan

Kondisi kesehatan jenggot berupa kerontokan bisa menyebabkan area ini jadi lebih menipis dengan sendirinya. Kerontokan rambut biasanya terjadi perlahan-lahan dan jarang sekali disadari. Oleh karena itu, selalu perhatikan kesehatan dari jenggot setiap hari atau minimal saat kerontokan masih belum parah.

Kerontokan ini biasanya sudah diatasi kalau sudah parah. Oleh karena itu saat masih belum parah segera atasi agar jenggot Anda tetap terlihat tebal seperti biasanya.

  1. Muncul bisul

Hal terakhir yang bisa muncul di jenggot dan harus diwaspadai adalah bisul. Kulit di jenggot yang kotor dan sering terkena kotoran bisa memicu terjadinya bisul. Bisul ini akan menyebar dan menyebabkan rasa nyeri saat disentuh.

Kalau Anda tidak mau muncul bisul di jenggot ada baiknya untuk mencuci area ini dengan rutin. Saat mandi coba bersihkan dengan sabun.

  1. Jenggot berubah warna

Pada kondisi tertentu warna dari jenggot jadi berubah seperti agak kemerahan. Kondisi ini bisa terjadi pada pria yang sering berada di luar dan terpapar sinar matahari. Akhirnya warna dari rambut berubah dan kadang menimbulkan rasa gatal yang cukup kuat dan membuat Anda sering menggaruknya.

Perubahan ini memang tidak bisa dicegah dan Anda tidak mungkin mencukurnya. Yang bisa dilakukan adalah memberikan kelembapan yang baik dan kalau agak panjang bisa dipotong sedikit demi sedikit hingga bagian yang kemerahan habis.

Berdasarkan lima kondisi kesehatan jenggot yang ada di atas, kira-kira mana saja yang pernah Anda alami atau mungkin tidak disadari sebelumnya? Semoga setelah mengetahui hal di atas, Anda bisa merawat jenggot dengan baik.