Kondisi Kepala Seperti Ini? Waspada Penyakit Jantung!

doktersehat-rambut-rontok-botak-kebotakan-alopecia

DokterSehat.Com– Tak disangka, cukup hanya melihat kepala kita di cermin, kita bisa mengetahui apakah memiliki resiko besar terkena penyakit jantung atau tidak. Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada lebih dari 2 ribu pria muda yang menunjukkan fakta bahwa kondisi kepala tertentu, khususnya yang mengalami kebotakan atau munculnya uban sejak dini sebagai tanda bahwa resiko terkena penyakit jantung sangat besar.

Dari penelitian ini, 790 pria di bawah usia 40 tahun menderita penyakit jantung dan 1.270 pria masih dalam kondisi sehat dilibatkan. Para peneliti kemudian mengecek kondisi kesehatan para relawan ini dengan cara melihat batas kebotakan pada kepala atau banyaknya rambut yang memutih. Data ini kemudian dibandingkan dengan jumlah penderita penyakit jantung dan yang sehat. Hasilnya adalah, mereka yang memiliki penyakit jantung 5 kali lebih memungkinkan untuk beruban sejak dini dan 5, kali lebih besar untuk mengalami kebotakan di usia muda.

Dr. Kamal Sharma yang merupakan pemimpin penelitian ini menyebutkan bahwa kaitan antara kondisi kesehatan rambut dengan penyakit jantung memang ada. Kondisi rambut yang beruban atau mengalami kebotakan menandakan kecepatan tubuh dalam menua secara biologis dan hal ini ternyata juga menunjukkan tentang kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk dalam hal resiko penyakit jantung.

Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk segera mengecek kondisi kepala anda. Jika anda sudah mengalami kebotakan atau beruban sejak usia muda, segeralah memeriksakan kondisi ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan demi mencegah datangnya penyakit jantung.