5 Kondisi Kesehatan Ini Ditandai oleh Keringat

keringat-tanda-doktersehat
Photo Source: Flickr/breatheindigital

DokterSehat.Com– Keringat adalah kondisi kesehatan yang wajar muncul saat kita sedang merasakan suhu udara yang panas atau baru saja melakukan aktivitas fisik yang berat. Meskipun bisa membuat kita merasa gerah dan tidak nyaman, dalam realitanya keringat sangat penting bagi tubuh kita karena menjaga suhu internal tubuh. Hanya saja, dalam beberapa kasus hal ini juga menandakan kondisi kesehatan tertentu.

Beberapa Kondisi Kesehatan yang Ditandai oleh Keringat

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa ditandai oleh keringat yang dikeluarkan dari tubuh kita.

Berikut adala tanda-tanda tersebut.

  1. Disebabkan oleh Stres

Stres tak hanya akan membebani pikiran kita. Dalam realitanya, stres bisa menyebabkan dampak kesehatan yang jauh lebih besar seperti terjadinya peradangan di dalam tubuh. Selain itu, kita juga bisa mengeluarkan keringat dalam jumlah yang lebih banyak akibat hal ini.

Selain itu, keringat yang dipicu oleh stres ternyata berasal dari jaringan apokrin. Masalahnya adalah aroma dari keringat yang dipicu oleh stres biasanya sangat tidak sedap dan bisa mengganggu orang lain yang ada di sekitar kita. Selain itu, jika kita sedang ketakutan, terkadang juga akan membuat keringat dingin yang membasahi tubuh dan membuat kita merasa sangat tidak nyaman.

  1. Kadar Gula Darah yang Lebih Rendah dari Normal

Jika kadar gula darah sedang dalam kondisi yang sangat rendah dan kurang dari 70 mg/dL, maka hal ini akan membuat produksi hormon adrenalin meningkat dengan signifikan. Hal ini juga akan berimbas pada tubuh yang mengeluarkan keringat dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Selain itu, kita juga akan merasakan gejala lainnya seperti perut yang kelaparan, tubuh yang lemah, hingga badan yang gemetaran.

Bagi orang normal, kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengenyangkan atau tinggi kandungan gula, namun bagi penderita diabetes, kondisi ini bisa membahayakan tubuhnya.

  1. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi tak hanya akan membuat kita merasa haus, hal ini juga bisa disebabkan oleh tubuh yang banyak berkeringat karena kepanasan atau melakukan aktivitas fisik. Hal ini disebabkan oleh banyaknya cairan tubuh yang keluar dari kulit. Jika sampai hal ini terjadi, sebaiknya kita segera minum air demi mengatasinya.

  1. Mengalami Gangguan Keseimbangan Elektrolilt

Selain cairan, tubuh juga membutuhkan keseimbangan elektrolit agar bisa berfungsi dengan baik. Beberapa jenis elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh adalah sodium, potasium, kalsium, dan magnesium. Jika sampai terjadi gangguan, akan menyebabkan gejala seperti kram otot, tubuh lemas, hingga keringat yang keluar dalam jumlah yang banyak.

Kita bisa mengganti elektrolit dengan mengonsumsi air kelapa, camilan sehat seperti kacang-kacangan, hingga minuman yang memang sudah dilengkapi dengan elektrolit. Hanya saja, pastikan bahwa minuman ini tidak memiliki kandungan gula berlebihan.

  1. Mengalami Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah kondisi yang membuat kita mengeluarkan keringat dalam jumlah yang berlebihan meskipun kita sebenarnya tidak begitu aktif atau suhu udara tidak begitu panas. Seringkali, hal ini membuat telapak tangan atau ketiak menjadi lebih banyak berkeringat. Selain itu, bagian wajah, dada, dan selangkangan juga bisa mengeluarkan keringat dalam jumlah yang banyak.

Kondisi ini bisa dialami oleh pria ataupun wanita. Selain itu, ada kemungkinan hal ini juga menurun kepada anak. Pakar kesehatan menyebut hal ini seringkali mulai dialami di usia remaja. Meskipun secara umum tidak berbahaya, kondisi ini bisa memberikan sensasi tidak nyaman dan gangguan kepercayaan diri.

 

Sumber:

  1. Osnato, Jaime. 2019. 6 Things Your Sweat Can Tell You About Your Health. cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190823171031-255-424143/6-masalah-kesehatan-yang-ditandai-oleh-keringat. (Diakses pada 10 November 2019).