Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu tujuan dari melakukan hubungan seksual adalah untuk mendapatkan orgasme. Orgasme sendiri bisa terjadi ketika kita sudah mencapai ejakulasi dalam hubungan. Setelah itu, biasanya pria akan mulai lemas dan mengantuk sehingga kebanyakan pria akan langsung tertidur pulas setelah ejakulasi.

Waspada, Pria Bisa Alami Hal ini Setelah Ejakulasi

Namun, tahukah Anda bahwa setelah ejakulasi, pria tak hanya mendapati rasa kantuk saja? Kadang ada beberapa gejala aneh yang dirasakan. Yang dimaksud aneh adalah sebuah kondisi tubuh yang tidak biasa. Padahal sebelum melakukan hubungan, kondisi tubuh baik-baik saja, tapi setelah ejakulasi justru malah berubah dan tak jelas sebabnya.

Salah satu gejala aneh tersebut adalah flu yang datang mendadak. Namun jangan salah, walau terlihat seperti flu, sebenarnya itu bukanlah flu seperti biasanya. Jika flu biasa, Anda akan mengeluarkan ingus dari hidung, tapi jika flu yang satu ini cukup aneh karena juga bisa sebabkan demam mendadak.

Dari hasil riset lanjutan tentang kejadian ini, para ilmuan memberi nama kondisi ini dengan post orgasmic illness Syndrome (POIS). Penyakit ini lebih tergolong sebagai sindrom rutinan, yakni muncul ketika seseorang telah mencapai ejakulasi dalam seksual.

Umumnya, POIS akan berlangsung beberapa menit sampai jam setelah ejakulasi. Namun, dari penelitian lain didapati hasil bahwa ada juga yang mengalaminya sampai berhari-hari. Karena begitu aneh, ilmuan tersebut mengatakan bahwa hal ini merupakan kelainan langka yang dialami oleh manusia. Umumnya, kejadian ini dikarenakan adanya sebuah reaksi terhadap senyawa kimia dalam sperma.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Kendati terbilang aman, Anda pun tidak boleh menyepelakannya. Sebab, jika terus begini akan menyebabkan kualitas seks menurun. Kebanyakan pria yang mengalamai POIS, merasa takut ketika ingin ejakulasi. Akhirnya mereka enggan untuk melakukan hubungan seksual lagi. Jadi, disarankan ketika gejala ini muncul, segeralah mengonsumsi air hangat dan langsung beristirahat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi