Kompres Kubis Bisa Atasi Asam Urat?

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Penyakit asam urat bisa menyebabkan datangnya sensasi nyeri yang luar biasa bagi penderitanya. Sebagian orang bahkan mengaku bisa mengalami pembengkakan, kemerahan, sensasi panas, atau bahkan kesulitan untuk menggerakkan persendian akibat serangan asam urat. Jika sampai hal ini terjadi, maka kita tentu akan merasa tidak nyaman dan tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Penyakit asam urat terjadi akibat menumpuknya zat asam urat di dalam persendian. Penyebab dari tingginya kadar asam urat ini adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin seperti emping, jeroan, atau makanan laut. Kandungan purin ini kemudian dimetabolisme oleh tubuh menjadi asam urat yang akhirnya menumpuk di persendian atau ginjal.

Obat-obatan yang diberikan dokter kepada penderita asam urat ternyata tidak ditujukan untuk mengobati gejala serangan asam urat, melainkan mencegah datangnya serangan penyakit ini. Hal ini berarti, jika kita terkena serangan asam urat, besar kemungkinan gejala seperti nyeri pada persendian ini tidak akan mudah untuk diatasi.

Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kita bisa memakai cara alternatif untuk mengatasinya. Cara tersebut adalah dengan mengompres bagian persendian dengan kubis. Menurut pakar kesehatan, kandungan di dalam kubis berupa zat anti inflamasi ternyata bisa mengatasi masalah seperti keseleo, luka, nyeri sendi hingga pembengkakan pada berbagai bagian tubuh.

Untuk membuat kompres dengan kubis ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menyiapkan beberapa lembar daun kubis yang masih segar. Masukkan kubis ini ke dalamĀ freezer lemari es. Jika kita mengalami serangan asam urat, segera tempelkan daun kubis yang membeku ini ke bagian persendian yang terasa nyeri. Bungkus daun kubis dan persendian dengan handuk dan diamkan selama beberapa saat.

Suhu tubuh yang hangat akan membuat kubis yang awalnya beku ini kembali menghangat, namun zat anti inflamasi dari kubis juga akan ikut terserap ke dalam kulit dan memberikan efek meredakan nyeri asam urat.

Mengingat serangan asam urat ini bisa saja datang setiap saat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mencegah kedatangannya alih-alih mengandalkan kompres untuk mengatasinya. Selain dengan rajin mengonsumsi obat asam urat, pastikan untuk menghindari makanan tinggi purin dan memperbanyak asupan air putih demi mencegah kedatangan serangan penyakit ini.