Kompres Air Hangat Bisa Atasi Nyeri Asam Urat?

mitos-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com– Jika sampai serangan asam urat datang, maka persendian akan mengalami sensasi nyeri yang luar biasa. Bahkan, dalam banyak kasus, persendian akan mengalami pembengkakan, sensasi panas, dan sulit untuk digerakkan. Kita tentu akan kesulitan untuk melakukan aktivitas jika sampai serangan ini muncul. Banyak orang yang kemudian mencoba mengatasinya dengan memakai kompres air hangat. Apakah tindakan ini cukup manjur mengatasi serangan asam urat?

Dampak menggunakan kompres air hangat saat serangan asam urat datang

Pakar kesehatan menyebut penyebab dari munculnya serangan asam urat adalah terjadinya peradangan kristal asam urat di persendian. Beberapa persendian yang paling sering terkena kondisi ini adalah jari-jari kaki dan lutut. Kristal asam urat ini berbentuk runcing sehingga bisa memberikan dampak tersebut.

Jika kita ingin mengompres bagian persendian dengan air hangat, hal ini sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Hanya saja, menurut pakar kesehatan tindakan ini hanya akan menurunkan sensasi sakit yang dirasakan. Pembengkakan atau peradangan yang terjadi di persendian akibat asam urat cenderung tidak akan mengalami efek apapun. Penderita asam urat pun lebih disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri khusus asam urat demi mengatasi serangan ini.

Obat-obatan yang bisa digunakan penderita asam urat

Pakar kesehatan menyebut obat-obatan yang bisa dikonsumsi saat serangan asam urat datang adalah yang berjenis non steroidal anti inflammatory drug (NSAID). Beberapa jenis obat steroid juga bisa digunakan meskipun tentu saja harus dikonsumsi sesuai dengan resep dokter. Biasanya, dokter akan membuat resep yang berupa obat pereda nyeri dan obat anti peradangan layaknya yang berjenis ibuprofen, prednisone, serta colchicine.

Obat-obatan yang diberikan oleh dokter ini biasanya bisa mengatasi serangan asam urat yang sudah cukup akut sekaligus mencegah datangnya serangan di kemudian hari. Penderita asam urat juga harus mengonsumsi obat secara teratur demi menurunkan risiko terkena komplikasi dari penyakit ini yang bisa saja membahayakan beberapa organ seperti ginjal.

Obat yang diberi juga berbeda-beda bagi setiap penderita asam urat bergantung pada keparahan kondisi yang diderita. Sabagai contoh, jika penderita memiliki kadar asam urat yang sudah sangat tinggi namun belum terkena serangan, maka mereka akan mendapatkan obat penurun kadar asam urat seperti yang berjenis allopurinol atau probenecid. Hanya saja, jika penderita asam urat sudah sering mengalami serangan, obat yang diberikan juga akan berbeda demi mengatasi rasa nyeri dan pembengkakan yang dialami.

Tips mencegah serangan asam urat

Mencegah serangan asam urat tentu akan lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Pakar kesehatan pun menyarankan penderita asam urat untuk melakukan perubahan gaya hidup demi memastikan serangan penyakit ini.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan demi mencegahnya.

  1. Memperbanyak asupan air putih

Dengan mencukupi kebutuhan air putih sebanyak dua liter setiap hari, maka proses peluruhan kelebihan zat asam urat bisa dilakukan sehingga tidak terjadi penumpukan kristal asam urat di persendian. Hal ini bisa membantu mencegah serangan asam urat.

  1. Menghindari makanan tinggi purin

Makanan tinggi purin layaknya jeroan, makanan laut seperti udang, kerang, dan kepiting, serta beberapa jenis sayuran sebaiknya dihindari penderita asam urat demi mencegah datangnya serangan asam urat.

  1. Menghindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol dan minuman dengan tambahan pemanis buatan bisa meningkatkan risiko peradangan pada persendian yang akhirnya menjadi serangan asam urat.

  1. Rutin berolahraga

Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk setidaknya melakukan olahraga ringan selama 30 hingga 60 menit selama 3 atau 5 kali dalam seminggu.

  1. Menjaga berat badan

Dengan menjaga berat badan tetap ideal, maka risiko terjadinya peradangan yang terkait dengan serangan asam urat bisa ditekan.