Terbit: 2 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa jenis salad yang sering Anda buat? Menu salad tentu merupakan pilihan yang praktis, nikmat dan super sehat, ya.

Kulit Sehat dengan 5 Jenis Salad Kombinasi Buah & Sayur Ini

Salad tentu tidak hanya cocok dibuat menjadi camilan saja, namun juga bisa dipilih sebagai menu makan utama. Bahan makanan yang segar dan komposisi yang tepat tentu membuat salad menjadi memiliki berbagai manfaat untuk tubuh.

Nah, dengan pemilihan komposisi bahan yang tepat, kita bisa lho memperoleh manfaat salad yang super sehat untuk kulit.

Hal ini tentu penting, mengingat dalam menjaga kesehatan kulit, kita tidak hanya perlu merawatnya dari luar dengan menggunakan pelembab atau sunblock saja, namun juga asupan gizi dari makanan akan sangat mendukung kesehatan kulit.

Komposisi zat gizi salad untuk menjaga kesehatan kulit

Photo Credit: Pexels.com

Untuk mendapatakan manfaat salad yang optimal untuk kesehatan kulit, beberapa zat gizi yang perlu kita perhatikan ada dalam salad adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement
  • Vitamin, utamanya vitamin C & E, mineral dan omega 3, untuk menutrisi dan membentuk sel serta pigmen pembentukan kulit
  • Cairan, untuk menghidrasi dan menjaga kekenyalan kulit, dan
  • Antioksidan, melindungi kulit dari paparan radikal bebas & mencegah peradangan

Ketiga zat gizi tersebut akan lebih maksimal manfaatnya jika diperoleh dari bahan makanan segar yang kandungan gizinya mudah diserap oleh tubuh.

Pilihan kombinasi salad yang menyehatkan kulit

Berikut 5 jenis salad yang menyehatkan kulit, menurut pakar gizi Tervor Cates, ND:

1. Salad kale plus karoten

Kombinasi salad sayur dan buah ini super sehat untuk kulit.

Kale, wortel, blueberi dan buah delima, merupakan bahan baku salad yang banyak mengandung vitamin C, antioksidan jenis karoten, yaitu beta karoten, lutein dan zeaxanthin.

Studi menyebutkan bahwa asupan antioksidan karotenoid efektif melindungi bahaya dari paparan bahaya sinar UV pada kulit. Untuk dressing-nya, Anda bisa memilih dressing dari minyak biji-bijian yang mengandung lemak baik, misalnya minyak biji bunga matahari.

2. Salad buah dengan quinoa

Salad buah ditambah dengan quinoa, yaitu sejenis biji-bijian akan menjadi pilihan salad super sehat untuk kulit.

Pilih buah tinggi antioksidan, misalnya tomat, paprika, labu, biji labu. Tambahkan quinoa matang dan minyak zaitun sebagai dressing. Kombinasi salad ini super sehat untuk memberikan asupan antioksidan dan vitamin C bagi kulit.

3. Salad salmon wrap

Membuat salad wrap daun sawi atau selada, dengan isian cacahan salmon, timun, seledri, dan bawang bombai, bisa jadi pilihan salad yang praktis dan tetap sehat untuk kulit.

Salmon memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dan mampu menghambat terjadinya peradangan pada sel kulit.

4. Salad buah dan sayur segar

Buat salad dari buah melon segar, daun mint, lobak, perasan jeruk nipis, dan timun. Kombinasi tersebut merupakan kombinasi salad yang memiliki fungsi hidrasi sangat baik untuk tubuh.

Dengan mengonsumsi salad tersebut, kekenyalan dan kesehata kulit terjaga melalui asupan cairan dan fitonutriennya.

5. Salad tomat dan alpukat

Salad yang satu ini cukup mudah dibuat dengan bahan baku tomat dan alpukat yang merupakan sumber vitamin dan lemak tidak jenuh.

Photo Credit: www.pixabay.com

Tomat memberikan asupan vitamin A, C, dan likopen, sedangkan alpukat memberikan asupan vitamin E, sehingga kombinasi keduanya sangat baik untuk kesehatan kulit.

Nah, itu dia 5 jenis pilihan salad dari kombinasi bahan baku yang menyehatkan kulit. Kini Anda bisa semakin menjaga kesehatan kulit melalui makanan yang Anda konsumsi.

Jadi, kira-kira mana pilihan menu salad yang akan Anda buat terlebih dahulu? Selamat mencoba, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi