4 Kombinasi Minuman Pagi Hari yang Jitu Turunkan Berat Badan

doktersehat-minuman-saat-panas
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

DokterSehat.Com– Apa minuman pagi hari yang paling sering Anda konsumsi? Ya, ada cukup banyak jenis minuman yang khas dikonsumsi saat pagi hari, lazimnya minuman yang populer dipilih sebagai minuman saat pagi adalah minuman yang menyegarakan dan tentu saja menyehatkan.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa jika dipilih dengan kombinasi yang tepat, minuman pagi hari Anda juga bisa membantu dan ampuh menurunkan berat badan, lho.

Penasaran apa saja kombinasi minuman pagi hari yang mampu menurunkan berat badan? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Tips memilih minuman pagi hari yang bisa membantu turunkan berat badan

Minuman pagi hari biasanya adalah minuman yang bisa membuat tubuh merasa rileks dan bersemangat untuk memulai hari.

Agar minuman tersebut bisa memberikan manfaat dalam penurunan berat badan, maka tentu minuman pagi hari yang cukup umum dikonsumsi, dikombinasi dengan beberapa bahan makanan yang bisa mendukung penurunan berat badan.

Beberapa kandungan zat atau gizi yang perlu dipertimbangkan untuk ditambahkan pada minuman pagi hari adalah:

  • Serat

    Serat merupakan salah satu zat gizi penting yang mampu memberi manfaat bagi penurunan berat badan pada minuman berupa menekan nafsu makan berlebihan. Serat juga merupakan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan dan menjaga kadar lemak & darah terkontrol.

  • Cairan

    Asupan cairan yang cukup pada minuman di pagi hari, mampu memberikan manfaat berupa mencegah rasa lapar berlebihan serta menghidrasi tubuh dengan lebih baik.

  • Vitamin

    Beberapa jenis vitamin dapat ditambahkan pada minuman di pagi hari untuk mendukung metabolisme tubuh dengan lebih optimal, sehingga penurunan berat badan dapat dilakukan dengan lebih baik oleh sistem metabolisme tubuh.

  • Beberapa zat fitonutrien

    Mirip dengan vitamin, beberapa jenis zat fitonutrien mampu memberikan manfaat yang mendukung berkurangnya kadar lemak tubuh dan peningkatan metabolisme dengan optimal.

Lantas, apa saja kombinasi minuman pagi hari yang mampu menurunkan berat badan?

Berikut beberapa kombinasi minuman pagi hari yang bisa membantu menurunkan berat badan:

1. Teh hijau dengan madu

Teh tentu menjadi pilihan minuman yang paling sering dikonsumsi di pagi hari, ya. Hal ini ternyata juga bisa bermanfaat untuk penurunan berat badan jika beberapa jenis teh dikombinasikan dengan tepat.

Salah satunya adalah teh hijau yang dikombinasikan dengan madu, teh hijau merupakan jenis teh yang mampu memberikan manfaat berupa melancarkan metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga banyak mengandung fitonutrien.

Apabila dikombinasikan dengan madu, yang juga banyak mengandung fitonutrien, maka tentu hal ini bisa efektif melancarkan metabolisme tubuh sehingga proses penurunan berat badan bisa terdukung.

2. Teh dengan jahe

Selain teh hijau, teh biasa dengan jahe juga bisa memberikan manfaat penurunan berat badan dengan proses yang sama dengan teh hijau.

Nah, agar kandungan zat dan gizi yang pada kombinasi minuman ini bisa lebih maksimal, usahakan menggunakan jahe segar dan konsumsi seluruhnya. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memarut atau menghaluskan jahe dan mencampurkannya dalam teh.

3. Teh dengan lemon

Lemon sudah dikenal dengan manfaatnya yang mampu membantu fungsi detoksifikasi dalam tubuh.

Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk melancarkan metabolisme tubuh dengan asupan vitamin C yang tinggi pada lemon. Selain itu, lemon yang bersifat asam juga disebut dapat mendukung pembuangan lemak di pencernaan dengan lebih optimal.

4. Kombinasi jus buah tinggi serat, misalnya apel dan jambu

Selain teh, minuman pagi hari yang bisa memberikan manfaat maksimal dalam penurunan berat badan tentu adalah jus yang tinggi serat.

Anda bisa memilih jus apel dan jambu, yang sama-sama memiliki kandungan serat tinggi untuk dibuat sebagai kombinasi jus pada pagi hari.