Super, Ini 4 Kombinasi Minuman yang Ampuh Jaga Kesehatan Mata

doktersehat-minuman-anti-stres
Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

DokterSehat.Com-Minuman apa yang sering Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata? Kita tentu langsung teringat akan jenis minuman yang terkenal dengan manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata, yaitu jus wortel, ya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa masih cukup banyak jenis minuman yang juga mampu menjaga kesehatan mata selain wortel?

Ya, ternyata ada berbagai jenis minuman yang terbuat dari buah atau sayur dan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mata, hal ini juga akan semakin terasa manfaatnya jika kita mengombinasikan beberapa jenis bahan makanan tersebut untuk dijadikan minuman.

Kandungan zat & gizi yang mampu menjaga kesehatan mata

Berdasarkan data dari Academy Nutrition and Dietetic, beberapa kandungan pada bahan makanan yang bisa efektif mendukung kesehatan mata dan mencegah mata dari berbagai penyakit pada mata, adalah:

  • Vitamin A
    Anda tentu sudah hafal bahwa salah satu zat gizi yang dapat mendukung fungsi penglihatan adalah vitamin A. Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata dan mendukung berbagai fungsi penglihatan.
  • Vitamin C
    Vitamin C mampu mendukung kesehatan mata dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan disebut mampu mencegah terjadinya katarak.
  • Beta karoten
    Beta karoten merupakan jenis zat gizi yang mampu mendukung fungsi penyerapan vitamin A pada mata. Jika kedua hal ini saling mendukung, maka mata akan terhindar dari kondisi mata kering dan gangguan penglihatan mata di malam hari.
  • Antioksidan
    Antioskidan, utamanya jenis katekin, terbukti secara efektif mampu mencegah gangguan sel dan jaringan pada mata. Selain itu, sama dengan antioksidan pada vitamin C, antioksida katekin juga mampu memberikan manfaat pencegahan terjadinya katarak.

Nah, itu dia 4 jenis zat gizi yang super ampuh menjaga kesehatan mata. Beberapa kandungan zat gizi tersebut, ada cukup banyak jumlahnya pada bahan makanan alami, utamanya buah dan sayur.

Kombinasi minuman yang mampu menjaga kesehatan mata

Hal tersebut tentu akan sangat baik kita manfaatkan untuk membuat kombinasi minuman yang super sehat untuk mata. Berikut 4 kombinasi minuman sehat yang mampu menjaga kesehatan mata:

1. Jus wortel dengan tomat

photo credit : pexels.com

Jus yang satu ini tentu cukup sederhana dan mudah diperoleh bahannya, ya. Wortel dan tomat merupakan kombinasi yang tepat untuk bahan makanan yang banyak mengandung vitamin A, C dan betakaroten.

Kombinasi ketiganya tentu membuat kesehatan mata terjaga optimal karena fungsi sel dan jaringan mata bisa terdukung dengan asupan tiga zat gizi tersebut dengan maksimal.

2. Jus jambu dengan stroberi

Jambu merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung vitamin A dan C, sedangkan stroberi merupakan bahan makanan yang mengandung vitamin C serta antioksidan yang terbukti mampu mencegah terjadinya katarak. Untuk itu, mengombinasikan kedua jus ini tentu menjadi pilihan yang super tepat untuk menjaga kesehatan mata.

3. Teh hijau dengan perasan lemon

Anda penggemar teh? Minuman yang satu ini, ternyata bisa menjadi minuman yang mampu menjaga kesehatan mata lho. Hal ini disebabkan teh, utamanya jenis teh hijau memiliki kandungan antioksidan jenis katekin yang cukup tinggi.
Jika ingin mengombinasikan teh hijau dengan bahan makanan yang super sehat lainnya, tambahkan perasan lemon segar agar minuman makin kaya akan vitamin C.

4. Jus sayuran berdaun hijau dan buah beri

Jus sayur yang sehat untuk mata adalah sayuran yang berdaun hijau gelap, misalnya bayam atau kale yang kaya akan vitamin A.

Tambahkan asupan antioksidan yang tinggi dari buah jenis beri, misalnya bluberi, blackberi atau stroberi.