Kolesterol Tinggi Sejak Usia Muda, Begini Dampaknya

kolesterol-tes-doktersehat

DokterSehat.Com– Kolesterol tinggi seringkali dianggap sebagai masalah kesehatan yang diderita oleh orang tua saja. Padahal, dalam realitanya, masalah kesehatan ini bisa menyerang mereka yang masih berusia muda. Biasanya, hal ini terjadi pada orang-orang yang menerapkan gaya hidup tidak sehat, khususnya menerapkan pola makan yang tidak seimbang, mudah stres, dan kurang berolahraga.

Dilansir dari Healthline, kolesterol tinggi bisa menyebabkan masalah kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Circulation, dihasilkan fakta bahwa jika kita sudah mengalami masalah kolesterol tinggi sejak usia muda, maka risiko untuk terkena penyakit berbahaya meningkat sehingga kemungkinan untuk terkena kematian dini juga semakin besar.

Dalam penelitian ini, setidaknya 36 ribu partisipan dengan rata-rata usia 42 tahun dilibatkan selama 27 tahun. Hasilnya adalah, mereka yang sudah terkena masalah kolesterol tinggi sejak usia muda memiliki risiko untuk terkena penyakit jantung hingga 30-40 persen lebih banyak.

Pemimpin dari penelitian ini, Dr. Shuaib Abdullah menyebutkan bahwa riset ini dilakukan untuk mengetahui di usia berapa sebaiknya kita menjalani terapi pengobatan untuk menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Hanya saja, penelitian ini justru menghasilkan fakta mengejutkan bahwa banyak orang-orang dengan usia muda yang terkena penyakit kolesterol tinggi. Hal ini membuat mereka lebih rentan terkena masalah kardiovaskular di kemudian hari.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk selalu menjaga gaya hidup tetap sehat demi menjaga kadar kolesterol tetap dalam kondisi yang normal sehingga membuat tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit berbahaya.