Bolehkah Penderita Kolesterol Makan Ikan?

daging-ikan-doktersehat
Photo Source: Flickr/ralphandjenny

DokterSehat.Com– Penderita kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam memilih makanan karena jika sampai mereka mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak dan kolesterol, bisa jadi kadar kolesterol di dalam tubuh mereka menjadi semakin parah. Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah penderita kolesterol tinggi boleh makan ikan?

Makanan dari bahan daging-dagingan biasanya dilarang bagi penderita kolesterol karena adanya kandungan lemak yang dianggap tidak baik bagi kondisi kesehatan mereka, namun, khusus untuk daging ikan, makanan ini justru sangat direkomendasikan untuk mereka konsumsi karena memiliki kandungan yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah dengan signifikan. Kandungan tersebut adalah asam lemak omega 3.

Beberapa jenis ikan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi adalah ikan makarel, ikan kembung, ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna. Kandungan asam lemak omega 3 di dalam ikan-ikan ini tak hanya akan menurunkan kadar kolesterol, melainkan mampu menurunkan risiko penumpukan plak pada pembuluh darah dan membantu menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Ikan tongkol juga boleh untuk dikonsumsi meskipun kandungan asam lemak omega 3-nya tidak sebanyak ikan-ikan yang disebutkan sebelumnya.

American Heart Association menyarankan penderita kolesterol tinggi untuk mengonsumsi minimal 2 porsi ikan sepekan untuk mendapatkan manfaat berupa penurunan kadar kolesterol dalam darah dengan efektif. Hanya saja, kita juga harus memastikan bahwa ikan ini diolah dengan cara yang tepat, yakni dengan direbus atau dipanggang. Jika kita menggorengnya di dalam minyak, dikhawatirkan daging ikan justru mengalami penambahan jumlah lemak tidak sehat yang tentu kurang baik bagi kondisi kolesterol darah.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi penderita kolesterol tinggi adalah makanan yang kaya akan kandungan lemak jenuh seperti mentega dan minyak kelapa, makanan yang kaya akan lemak trans seperti margarin, krakers, biskuit, serta keripik, daging berlemak dan daging olahan, makanan cepat saji, dan beberapa jenis makanan laut seperti udang, cumi-cumi, dan lobster.

Penderita kolesterol tinggi sebaiknya memperbanyak asupan serat dan rajin berolahraga demi membantu menurunkan kadar kolesterol darah dengan efektif.