Terbit: 7 Juni 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak tahu kolang-kaling? Memiliki bentuk yang kecil, berwarna putih, serta tekstur yang lembut dan sedikit kenyal membuatnya banyak digemari sebagai olahan camilan. Bukan hanya rasanya yang enak, ternyata ada banyak kandungan gizi dan manfaat kolang-kaling bagi tubuh. Cari tahu juga resep kolang-kaling yang praktis dan sehat!

Kolang-kaling: Kandungan Gizi, Manfaat, dan Resep Spesial Lebaran

Kandungan Kolang-kaling yang Baik untuk Tubuh

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa ada banyak kandungan gizi kolang-kaling. Berikut beberapa kandungan nutrisi kolang-kaling yang baik untuk kesehatan tubuh:

1. Fosfor

Kandungan yang pertama yaitu fosfor. Manfaat fosfor adalah memperkuat tulang dan gigi, memperbaiki sel dan jaringan tubuh, menghasilkan energi, meningkatkan fungsi saraf, menghasilkan DNA dan RNA, serta masih banyak lagi.

2. Kalsium

Memiliki ukuran yang tergolong kecil, kolang-kaling ternyata mengandung kalsium yang cukup tinggi. Fungsi kalsium bukan hanya untuk memperkuat tulang dan gigi, namun juga mampu menjaga beberapa bagian tubuh lain seperti otot, hati, dan saraf.

3. Zat Besi

Kandungan zat besi yang ada di dalam kolang-kaling berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. Bukan hanya itu, zat besi juga mampu mengatasi rasa lelah dan membuat tubuh terhindar dari risiko anemia defisiensi zat besi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

4. Serat

Seperti yang kita tahu, fungsi serat adalah untuk memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, kolang-kaling sangat cocok dikonsumsi ketika sedang sembelit. Kandungan serat pangan dalam kolang-kaling juga dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol.

5. Beragam Vitamin dan Mineral

Ada banyak kandungan vitamin dalam kolang-kaling. Sebut saja ada vitamin A, vitamin B, dan vitamin K. Masing-masing tentu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu, kolang-kaling juga mengandung mineral.

Selanjutnya, berikut ini kandungan satu porsi kolang-kaling yang setara dengan 100 gram:

Kalori 33 kkal
Lemak 0,21 g
Lemak Jenuh 0,047 g
Lemak Tak Jenuh Ganda 0,063 g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0,057 g
Kolesterol 0 mg
Protein 0,39 g
Karbohidrat 8,31 g
Serat 0,6 g
Gula 7,69 g
Sodium 1 mg
Kalium 81 mg

Sumber: fatsecret.co.id

Manfaat Kolang-kaling bagi Kesehatan

Memiliki bentuk yang kecil dengan tekstur yang lembut dan sedikit kenyal, ternyata ada banyak khasiat kolang-kaling untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kolang-kaling yang paling umum:

1. Mencegah Anemia

Adanya kandungan zat besi di dalam kolang-kaling nyatanya mampu untuk mencegah anemia. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, zat besi mampu membantu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh melalui darah.

2. Merawat dan Meremajakan Kulit

Banyak sumber mengatakan manfaat kolang-kaling sangat baik untuk kesehatan kulit. Adanya kandungan kolagen yang cukup tinggi mampu membantu proses peremajaan kulit, sehingga bisa membuat Anda tampak lebih awet muda jika rutin mengonsumsinya.

3. Mengatasi Sembelit

Anda sedang mengalami sembelit? Sebelum minum obat, ada baiknya untuk coba mengonsumsi kolang-kaling. Kandungan serat yang cukup tinggi mampu mencegah dan mengatasi sembelit. Biasanya, masalah pencernaan seringkali terjadi saat menjalani puasa Ramadan. Oleh karena itu, tidak heran kalau klang-kaling sering menjadi olahan menu buka puasa dan menu Lebaran.

4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium di dalam kolang-kaling juga mampu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bisa dibilang kalau kolang-kaling bisa menjadi alternatif memenuhi kebutuhan kalsium bagi Anda yang alergi susu. Tidak hanya itu, banyak sumber juga menjelaskan bahwa khasiat kolang-kaling juga mampu meredakan radang sendi.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat kolang-kaling yang satu ini tentu menjadi kabar baik untuk Anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini tentu didukung dengan kadar karbohidrat yang cukup tinggi dan juga mengandung gelatin yang mampu menekan nafsu makan. Selain cocok untuk diet, cocok juga untuk dijadikan alternatif camilan sehat.

Baca juga: 13 Manfaat Kolang-kaling dan Kandungan Nutrisinya

Resep Kolang-kaling Spesial Lebaran yang Praktis

Kini sudah tahu ‘kan kalau ternyata ada banyak kandungan gizi dan manfaat kolang-kaling untuk tubuh?

Pada umumnya, kolang-kaling diolah menjadi kudapan berupa manisan yang cocok sebagai menu buka puasa. Bukan hanya itu, biasanya kita temukan juga sebagai campuran bahan kolak pisang atau kolak ubi.

Kali ini, DokterSehat bersama tim masak.tv mengkreasikan kolang-kaling menjadi lebih menarik dan juga cocok disantap sebagai menu Lebaran. Resep kolang-kaling spesial Lebaran ini diolah menjadi lebih sehat dengan cara yang praktis.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 6 sdm kolang kaling matang yang sudah diiris
  • 6 sdm nata de coco
  • 4 sdm sirup nata de coco
  • 100 gr semangka yang dipotong dadu
  • 4 sdm biji selasih siap pakai
  • Es Batu secukupnya
  • Air mineral secukupnya

Alat yang Dibutuhkan

  • Gelas berukuran sedang
  • Sendok

Cara Membuat Kolang-Kaling Spesial Lebaran

Tidak perlu memiliki kemampuan memasak yang mumpuni. Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal, kolang-kaling spesial Lebaran ini sangat praktis dan siapapun bisa membuatnya. Langsung saja, begini cara membuatnya:

  • Siapkan gelas yang akan digunakan untuk menyajikan kolang-kaling
  • Masukkan satu per satu bahan yang sudah disiapkan menggunakan sendok. Tahapannya terdiri dari sirup cocopandan, kolang-kaling, nata de coco, potongan semangka, es batu, biji selasih, dan air secukupnya.
  • Es kolang kaling siap disajikan dan disantap. Anda juga bisa menambahkan hiasan di bagian sisi gelas untuk mempercantik tampilannya.

Mudah bukan? Anda hanya perlu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, lalu menyusunnya satu per satu secara perlahan. Porsinya sendiri bisa disesuaikan berdasarkan selera.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi