Kolang-kaling hingga Cincau, Yuk Ketahui Gizi berbagai Isi Es Khas Ramadan

doktersehat-gizi-cincau-isi-es
Photo Credit: Flickr.com/ Alpha

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar kolang kaling atau cincau? Ya, dua makanan ini seakan makin hits saat bulan Ramadan karena sangat cocok menjadi isi dalam berbagai minuman es khas untuk berbuka puasa. Kira-kira, sudah tahukah Anda apa saja kandungan gizi dalam berbagai isian pada es tersebut? Yuk simak dibawah ini!

Berbagai olahan minuman khas Ramadan memang tidak bisa lepas dari melimpahnya hasil produk makanan di Indonesia, cincau dan kolang-kaling menjadi salah satu yang paling hits.

Nah, agar kita bisa merasakan nikmat dan manfaatnya, mari kita simak apa saja kandungan gizi yang ada berbagai makanan khas untuk es pada saat Ramadan yaitu kolang-kaling, cincau dan mutiara.

1. Kolang-kaling kaya akan mineral fosfor, kalsium dan zat besi

Suatu studi yang dilakukan di Universitas Sam Ratulangi Manado meniliti apa saja kandungan gizi yang ada pada kolang-kaling hingga pemanfaatnya untuk kesehatan.

Hasilnya dalam 100 gram kolang-kaling, atau setara dengan 5-7 sendok makan kolang kaling, terdapat kandungan fosfor cukup tinggi yaitu 243 mg.

Zat gizi lain yang ada pada kolang-kaling adalah mengandung 27 kilo kalori, 0,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 6 gram karbohidrat, serat 1,6 mg, zat besi 0,5 mg dan kalsium 91 mg.

Perpaduan zat gizi tersebut dinilai membuat kolang-kaling adalah makanan bergizi yang tepat dipilih untuk memulihkan stamina tubuh, menyegarakan tubuh dan melancarkan metabolisme tubuh.

Manfaat tersebut tentu sangat cocok kita rasakan saat berbuka puasa, ya, sehingga tentu tidak salah jika kolang-kaling menjadi isi dalam berbagai olahan es khas Ramadan. ‘kan?

2. Cincau kaya vitamin B dan C serta berbagai mineral

Anda penggemar cincau? Minuman yang sempat hits sebagai minuman kekinian beberapa waktu lalu ini, tak pernah lekang popularitasnya saat Ramadan.

Berbagai cincau aneka warna yaitu hijau hingga hitam banyak digemari orang untuk digunakan sebagai minuman saat berbuka. Ternyata pilihan tersebut sangatlah tepat, lho.

Direktorat Gizi Departemen Kesehatan pada 2007 menyebutkan bahwa kandungan gizi dalam 100 gram cincau, yang setara dengan 9-10 sendok makan cincau meliputi 120 kalori, 6 gram protein, 1 gram lemak, 26 gram karbohidrat, serta kandungan serat jenis pektin yang cukup tinggi yaitu 6 gram.

Untuk vitamin dan mineralnya terdapat 100 mg kalsium dan fosfor, zat besi, sejumlah kecil vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan vitamin E yang cukup tinggi sehingga membuatnya memiliki kandungan antioksidan super kuat.

Kombinasi zat gizi yang cukup lengkap pada cincau membuatnya bermanfaat utnuk menurunkan suhu badan sehingga ampuh cegah tubuh mengalami dehidrasi, baik untuk pencernaan hingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaatnya tentu sangat baik untuk berbuka puasa dan memberi efek kesehatan untuk tubuh, ya.

3. Mutiara kaya akan mineral

Mutiara kerap dipilih sebagai tambahan dalam berbagai olahan makanan dan minuman saat berbuka puasa, meskipun kecil ukurannya mutiara juga memilki kandungan gizi, lho.

Dalam satu mangkuk besar mutiara terdapat beberapa kandungan gizi unggulan yaitu serat, sodium dan kalium yang bermanfaat untuk pencernaan serta melancarakan tekananan darah dalam tubuh.

Nah, itu dia gizi dari berbagai isi minuman es khas Ramadan.

Agar manfaat minuman es dari bahan di atas maksimal, usahakan selalu menggunakan pemanis alami dari sari buah, sari kurma atau madu dalam membuat minuman es berbuka Anda, ya.

Kini air, pemanis dan isi dalam minuman es yang Anda konsumsi saat berbuka akan penuh gizi dan super sehat, kan?