Terbit: 27 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penyakit asam urat masih menjadi masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan orang dewasa atau para lansia. Bagaimana tidak, jika sampai serangan dari penyakit ini muncul, maka penderitanya akan mengalami sensasi nyeri, pembengkakan, dan kaku pada persendian sehingga sulit untuk beraktivitas dengan normal.

Kolang-Kaling Bisa Atasi Asam Urat?

Pakar kesehatan menyebut serangan asam urat seringkali datang saat malam hari atau di pagi hari setelah kita bangun tidur. Biasanya, hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan asupan air minum dalam waktu yang lama saat beristirahat sehingga memicu peradangan di persendian.

Seringkali asam urat menyerang kaum pria dibandingkan dengan wanita. Meskipun begitu, kaum hawa juga tetap rentan terkena masalah kesehatan yang seringkali menyerang persendian jari kaki, pergelangan kaki, jari tangan, siku, dan persendian lainnya ini.

Pemicu Masalah Asam Urat

Penyakit asam urat atau dalam dunia medis disebut sebagai gout ini disebabkan oleh menumpuknya kadar asam urat di dalam tubuh, tepatnya di dalam persendian. Bagian persendian yang paling sering mengalami gejala dari asam urat adalah persendian ibu jari kaki.

Asam urat berasal dari pemecahan purin, kandungan yang sebenarnya berperan besar bagi proses pembentukan materi gentik manusia. Makanan yang paling banyak mengandung purin adalah jeroan seperti hati dan usus, daging merah seperti daging kambing, sapi, atau babi, beberapa jenis sayuran seperti bayam, kembang kol, dan taoge, serta minuman beralkohol dan minuman kemasan dengan rasa yang manis.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Normalnya, asam urat akan dikeluarkan tubuh secara alami saat kita buang air kecil, namun jika konsumsi purin sudah sangat berlebihan, ginjal tidak mampu melakukan fungsi tersebut dan akhirnya memicu penumpukan kadar asam urat di dalam persendian.

Kolang-kaling bisa sembuhkan asam urat?

Kolang-kaling atau buah aren termasuk mudah untuk ditemukan di pasar tradisional atupun pasar swalayan. Di dalam kolang-kaling terdapat kandungan seperti karbohidrat, kalsium, serat, fosfor, serta zat besi. Sayangnya, tidak ada kandungan apapun yang bisa menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini berarti, anggapan bahwa kolang-kaling bisa menyembuhkan masalah asam urat tidak benar.

Bagaimana cara yang tepat untuk obati asam urat?

Sebenarnya, penyakit asam urat tidak bisa disembuhkan. Serangan dari penyakit ini bisa datang kapan saja seumur hidup. Meskipun begitu, bukan berarti penderita asam urat harus merelakan kondisi ini setiap hari. Mereka bisa mengendalikan serangan penyakit ini agar tidak mudah sering datang.

Caranya adalah dengan mengunjungi dokter. Dokter akan memberikan obat untuk menurunkan kadar asam urat dan memberikan beberapa tips untuk mencegah serangan dari penyakit ini. Berikut adalah beberapa tips tersebut.

  1. Banyak minum air putih

Pakar kesehatan menyarankan penderita asam urat untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 hingga 10 gelas setiap hari. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, maka tubuh akan terhidrasi dengan baik dan membuat kualitas air seni tetap baik. Tubuh pun akan mengeluarkan kristal asam urat dengan lebih efektif melalui buang air kecil.

  1. Menurunkan asupan makanan tinggi purin

Penderita asam urat sebaiknya menurunkan asupan makanan tinggi purin atau bahkan benar-benar menghindarinya. Jeroan, daging merah, beberapa jenis sayuran, emping, dan minuman beralkohol sebaiknya benar-benar dihindari sehingga kadar asam urat di dalam tubuh tidak akan mengalami kenaikan.

  1. Mengonsumsi vitamin C

Mengonsumsi vitamin C hingga 1.000 mg setiap hari disebut-sebut bisa membantu meredakan sensasi sakit akibat serangan asam urat sekaligus mencegah datangnya serangan penyakit ini. Melihat fakta ini, penderita asam urat sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin C atau suplemen vitamin C demi mendapatkan manfaat kesehatannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi