Terbit: 9 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Rutin mengonsumsi sayuran hijau bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu sayuran yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin adalah kol. Tak hanya membuat pencernaan menjadi semakin sehat, rutin mengonsumsinya juga bisa mencegah kanker pencernaan.

Makan Kol Bisa Mencegah Kanker Pencernaan?

Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research United Kingdom, Inggris. Dalam penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa kandungan di dalam sayuran mampu memengaruhi lapisan dalam usus.

Sebagai informasi, lapisan di dalam usus ini membutuhkan waktu 4-5 hari untuk menjalankan regenerasi. Sayangnya, terkadang proses ini tidak berjalan dengan lancar, apalagi jika kita terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Hal inilah yang bisa menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan yang bisa berlanjut menjadi kanker.

Bahan kimia di dalam kol bernama indole-3-carbinol akan diolah oleh asam lambung. Setelahnya, kandungan ini akan mampu mengubah sel punca dan akhirnya memberikan pengaruh positif pada proses regenarasi lapisan usus dan membuat proses peradangan pada pencernaan bisa dicegah.

Dalam penelitian yang masih dilakukan dengan menggunakan hewan ini, dihasilkan fakta bahwa kandungan indole-3-carbinol ini mampu mencegah datangnya kanker pada saluran pencernaan di dalam hewan-hewan tersebut dengan efektif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Selain kol, sayuran lain yang juga bisa memberikan manfaat serupa adalah brokoli dan bayam. Sayuran-sayuran ini cenderung mudah didapatkan dan memiliki harga yang murah. Karena alasan inilah, ada baiknya kita rajin-rajin mengonsumsi sayuran hijau tersebut dan mengolahnya dengan tepat agar bisa mendapatkan manfaat kesehatannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi