Ketahui Manfaat Hebat Gliserin untuk Kecantikan

doktersehat-manfaat-gliserin-untuk-kecantikan
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Perlu diketahui lebih dulu, bahwa gliserin adalah senyawa organic yang terdiri atas karbon, oksigen, dan hydrogen. Diansir dari Top 10 Home Remedies, gliserin kerap digunakan pada industri kecantikan seperti sabun, krim anti-aging, dan pelembap. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat gliserin untuk kecantikan, mari simak ulasan berikut ini!

1. Gliserin Menjaga Kelembapan Kulit

Gliserin berfungsi sebagai emolien. Yang artinya dapat membantu menahan kelembapan kulit dengan cara membentuk lapisan pelindung di atas kulit. Hal ini, bisa membuat kulit wajah terasa halus, lembut dan senantiasa terhidrasi atau lembap dengan baik. Gliserin yang terdapat pada body lotion misalnya, bagus untuk perawatan pada kulit kering. Ia senantiasa akan membuat kulit menjadi lebih lembap.

2. Gliserin adalah Toner yang Baik

Toner yang mengandung gliserin, sangat baik untuk kulit yang kering. Gliserin dapat membantu mengembalikan tingkat pH pada kulit, dan mengurangi noda hingga kulit senantiasa lembut dan bersinar. Anda bisa membuat toner dari gliserin sendiri dengan mencampurnya bersama air mawar. Gunakan toner ini setiap hari sesuai kebutuhan, sebelum menggunakan pelembap. Anda bisa membuat toner sekaligus dalam jumlah yang banyak. Sisanya, simpan di lemari es, agar terasa lebih segar. Manfaat gliserin untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit wajah bisa Anda nikmati dengan pemakaian teratur.

3. Gliserin Melembutkan Bibir

Jika bibir Anda kering sampai mengalami pecah-pecah, gunakan gliserin untuk mengatasinya. Bukan hanya melembapkan, gliserin juga dapat membantu menyingkirkan kulit mati di daerah bibir, sehingga warna bibir menjadi lebih segar dan sehat. Untuk membuatnya, cukup campurkan gliserin dengan air mawar, lalu oleskan ke bagian bibir untuk melembapkannya. Atau, Anda juga bisa mencampurkan gliserin dengan air perasan lemon, serta madu. Gunakan masker bibir ini sebelum tidur, dan lihat hasilnya jika dilakukan secara rutin.

Gliserin yang memang sudah umum ada dalam beberapa produk kecantikan, ternyata memang memiliki peran yang cukup besar. Manfaat gliserin untuk kecantikan pun bukan sekadar isapan jempol atau bahan pelengkap.