Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Seorang anak imut bernama Manpreet Singh, memiliki berat badan 5 kilogram dan tinggi 60 sentimeter. Namun, anak lucu ini menarik perhatian dan membuat semua orang merasa kasihan padanya.

Kisah Pria yang Terjebak Dalam Tubuh Anak-Anak

Setelah ditelusuri, penampilannya memang tampak seperti anak kecil, namun ternyata anak ini sudah berumur 24 tahun. Ia seperti “terjebak dalam tubuh anak-anak.”

Pria mungil ini tinggal di sebuah desa kecil di India dan dipercaya mendapatkan perhatian dan cinta dari penduduk desa, karena mereka percaya Manpreet Singh adalah inkarnasi para dewa.

Manpreet Singh, seperti dilansir dari Boldsky, berasal dari Mansa di negara bagian Punjab di India barat laut. Karena pertumbuhannya yang terhambat, dia tidak bisa berjalan dan dia hanya bisa berbicara sedikit seperti “maa” dan “mama”. Karena dia tidak bisa berjalan dengan benar, dia selalu ditemani seseorang.

Manpreet Singh dijuluki manusia kerdil

Ketika Manpreet lahir, dia tampak sehat, namun pertumbuhannya berhenti setelah setahun sebelum dia bisa mulai berjalan atau berbicara, warga setempat pun menjulukinya manusia kerdil. Dia sekarang harus diurus seperti anak kecil dan harus dibawa kemana-mana oleh paman dan bibinya.

Manpreet menderita telapak tangan dan kaki bengkak, dan dia memiliki wajah besar dengan kulit kendur. Pamannya mengungkapkan bahwa ia hanya mampu mengucapkan beberapa kata dan ia terutama berkomunikasi melalui isyarat. Manpreet bisa tertawa, menjerit, dan menangis. Namun, dia tidak bisa berbicara.

Orang-orang memuja Manpreet Singh

Penduduk setempat di rumah angkatnya diyakini memuja Manpreet, karena mereka berpikir bahwa dia adalah inkarnasi Tuhan. Banyak penduduk desa secara rutin berkunjung ke rumahnya dan menerima berkah darinya. Ada beberapa video di media sosial yang menunjukkan banyak orang mengunjungi dia dan berlutut di depannya. Hal ini juga terlihat pada bagaimana Manpreet dengan senang hati menepuk kepala para pengunjung.

Tentang kondisi Manpreet Singh

Dokter percaya bahwa Manpreet menderita sindrom laron, merupakan kondisi genetik yang langka. Tapi, sayangnya ia belum didiagnosis, karena ia berasal dari latar belakang yang sangat miskin dan keluarganya tidak mampu membayar untuk diagnosis awal.

Orang yang hidup dengan sindrom laron akan menderita kekurangan hormon yang disebut faktor pertumbuhan seperti insulin 1 atau IGF-1. Hormon-hormon ini dikatakan merangsang pertumbuhan sel dan membagi untuk membentuk sel-sel baru.

Keluarga Manpreet Singh khawatir tentang kondisinya dan masa depannya, maka mereka mendatangi berbagai dokter yang berbeda, tetapi sekali lagi karena kekurangan dana, mereka cenderung melewatkan tes dan perawatan yang diminta untuk dilakukan untuknya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi