Kiranti: Manfaat, Dosis, Efek Samping, Aturan Minum, dll

kiranti-doktersehat
Photo Source: http://www.diarykiranti.com/

DokterSehat.Com – Apa itu Kiranti? Kiranti adalah minuman herbal terstandar yang digunakan untuk mengatasi gejala PMS dan juga keluhan saat menstruasi. Kiranti tersedia dalam varian Kiranti Sehat Datang Bulan dan Kiranti Pegal Linu.

Ketahui selengkapnya tentang Kiranti mulai dari manfaat, efek samping, dosis, petunjuk penggunaan, dan lainnya melalui artikel ini!

Rangkuman Informasi Kiranti

Nama Obat Kiranti
Kandungan Obat Kunyit asam, jahe dan madu
Kategori Minuman herbal terstandar
Manfaat Obat Mengatasi PMS dan keluhan saat haid
Dikonsumsi oleh Wanita dewasa
Kontraindikasi Hipersensitif
Sediaan Obat Minuman

Macam-Macam Kiranti

Kiranti terdiri dari 3 varian produk. Berikut adalah macam-macam Kiranti yang dapat Anda coba:

  • Kiranti Sehat Datang Bulan rasa original. Minuman herbal terstandar untuk mengatasi masalah datang bulan dengan rasa kunyit asam asli.
  • Kiranti Sehat Datang Bulan rasa jeruk. Minuman herbal terstandar untuk mengatasi masalah datang bulan dengan tambahan rasa jeruk yang menyegarkan dan tidak pahit.
  • Kiranti Pegal Linu. Minuman herbal terstandar untuk meringankan sakit sendi dan menghangatkan tubuh yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Kandungan Kiranti

Kiranti adalah minuman herbal terstandar yang artinya Kiranti merupakan jenis jamu, namun sudah melewati uji praklinis. Hal ini menandakan bahwa Kiranti lebih aman dikonsumsi jika dibandingkan dengan jamu biasa.

Kiranti Sehat Datang Bulan kandungan dasarnya adalah jamu kunyit asam, sedangkan Kiranti Pegal Linu memiliki kandungan utama jahe dan juga madu.

Selain kandungan bahan utama di atas, tentunya terdapat juga kandungan bahan lainnya. Sebelum mengonsumsi Kiranti, perhatikan baik-baik komposisinya untuk menghindari konsumsi bahan-bahan yang seharusnya Anda hindari.

Manfaat Kiranti

Secara umum kegunaan Kiranti adalah untuk mengatasi gejala PMS dan keluhan yang umum terjadi saat menstruasi. Berikut adalah beberapa manfaat Kiranti:

  • Meredakan nyeri perut
  • Meredakan pegal linu
  • Mengatasi masalah keputihan
  • Menghangatkan tubuh
  • Meningkatkan energi

Gejala PMS dan berbagai keluhan haid yang dirasakan oleh setiap wanita berbeda-beda. Kondisi ini dipengaruhi oleh naik turunnya hormon dalam tubuh selama siklus menstruasi.

Mengingat gejala pada setiap wanita yang berbeda-beda, efek dari Kiranti yang mampu meredakan gejala PMS dan haid ini juga bisa berbeda pada setiap orang.

Jika Anda mengalami gejala berat selama PMS dan haid dan tidak membaik setelah menggunakan Kiranti, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Selain karena perubahan hormon, gejala ini juga bisa mengindikasikan gangguan reproduksi tertentu.

Baca Juga: 5 Manfaat Kiranti, Minuman Herbal untuk Atasi Masalah Datang Bulan

Dosis Kiranti

Kiranti hadir dalam sediaan minuman botol dengan isi 150 ml. Terdapat 2 varian Kiranti yaitu Kiranti Sehat Datang Bulan dan Kiranti Pegal Linu. Kiranti Sehat Datang Bulan memiliki dua pilihan rasa yaitu original dan jeruk.

Berikut adalah dosis Kiranti yang disarankan:

1. Dosis Kiranti Sehat Datang Bulan

Dosis Kiranti Sehat Datang Bulan yang disarankan adalah sebanyak 1-2 botol per hari. Kiranti dapat diminum mulai dari 3 hari sebelum haid, selama haid, hingga 3 hari setelah haid.

2. Dosis Kiranti Pegal Linu

Kiranti Pegal Linu dapat dikonsumsi setiap hari. Dosis Kiranti Pegal Linu yang disarankan adalah 1-2 botol sehari pada saat atau setelah beraktivitas.

Dosis ini adalah dosis yang lazim digunakan. Konsumsi Kiranti sesuai dengan dosis tersebut dan jangan pernah mengganti dosis tanpa berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker.

Aturan Minum Kiranti

Penggunaan Kiranti sebaiknya digunakan sesuai dengan aturannya. Berikut adalah aturan minum Kiranti yang harus diperhatikan:

  • Kiranti dapat digunakan bersama atau tidak bersama dengan makanan, namun lebih disarankan dikonsumsi setelah makan untuk mencegah masalah pada pencernaan.
  • Kocok botol sebelum mengonsumsi minuman ini.
  • Gunakan Kiranti sesuai dengan dosis yang disarankan.
  • Kiranti Pegal Linu dapat dikonsumsi setiap hari, sedangkan Kiranti Sehat Datang Bulan dikonsumsi sesuai siklus haid dan tidak disarankan untuk digunakan setiap hari.

Petunjuk Penyimpanan Kiranti

Simpan Kiranti sesuai dengan petunjuk penyimpanannya untuk mencegah kerusakan dan efektivitasnya menurun. Berikut adalah petunjuk penyimpanan Kiranti yang harus diperhatikan:

  • Simpan Kiranti dalam lemari pendingin.
  • Hindari Kiranti dari cahaya atau sinar matahari langsung.
  • Hindari Kiranti dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Efek Samping Kiranti

Penggunaan Kiranti sebagai minuman herbal terstandar pada dasarnya relatif aman. Meski demikian, efek samping masih mungkin dapat terjadi apabila Kiranti digunakan secara berlebihan atau tidak sesuai dosis yang disarankan.

Efek samping Kiranti yang mungkin muncul adalah:

  • Meningkatkan risiko batu ginjal
  • Memperburuk refluks asam
  • Diare

Efek samping lain yang mungkin terjadi adalah seperti reaksi alergi. Apabila terjadi efek samping, segera hentikan penggunaan Kiranti. Selanjutnya, apabila efek samping tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter.

Interaksi Kiranti dengan Obat Lain

Interaksi obat dapat terjadi ketika Kiranti digunakan bersama dengan jenis obat-obatan lain tertentu. Interaksi obat menyebabkan efektivitas obat menurun dan dapat meningkatkan potensi terjadinya efek samping.

Beri tahu dokter apabila Anda sedang mengonsumsi atau belakangan mengonsumsi obat-obatan tertentu baik itu obat resep, non-resep, hingga obat herbal.

Konsumsi alkohol juga dapat menyebabkan interaksi obat, maka sebaiknya dihindari. Diskusikan juga dengan dokter tentang jenis makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari selama penggunaan obat Kiranti untuk menghindari interaksi obat.

Peringatan dan Perhatian Kiranti

Obat herbal Kiranti termasuk ke dalam kategori obat bebas yang penggunaannya tidak harus melalui resep dokter. Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu menjadi peringatan dan perhatian selama penggunaan obat Kiranti:

  • Jangan gunakan Kiranti pada pasien yang hipersensitif terhadap salah satu kompisisi yang terkandung dalam Kiranti.
  • Kiranti digunakan untuk melancarkan haid dan digunakan selama masa kehamilan.
  • Penggunaan Kiranti pada ibu menyusui sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.
  • Kiranti tidak untuk dikonsumsi oleh wanita yang berusia di bawah 10 tahun.
  • Hati-hati penggunaan pada pasien yang mengalami gangguan ginjal dan hati berat.

Harga Kiranti

Kiranti tidak hanya dapat didapatkan di apotek dan toko obat, tapi juga dijual bebas di swalayan. Harga Kiranti yang dipatok mungkin berbeda-beda. Umumnya satu botol Kiranti Sehat Datang Bulan dipatok dengan kisaran harga Rp6.700, sedangkan harga Kiranti Pegal Linu ada di kisaran Rp7.700 untuk setiap botolnya.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Chasse, Jaclyn. 2016. Curcumin Reduces PMS Symptoms. https://www.naturalmedicinejournal.com/journal/2016-03/curcumin-reduces-pms-symptoms. (Diakses 12 November 2019).
  2. Diary Kiranti. Info Product. http://www.diarykiranti.com/info-product. (Diakses 12 November 2019)
  3. OT. Uji Klinis Kiranti Sehat Datang Bulan. https://ot.id/research-innovation-1#kualitas-keamanan. (Diakses 12 November 2019).
  4. Ware, Megan. 2017. Why is ginger good for you?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/265990.php. (Diakses 12 November 2019).
  5. WebMD. 2018. Vaginal Discharge: What’s Abnormal?. https://www.webmd.com/women/guide/vaginal-discharge-whats-abnormal#1. (Diakses 12 November 2019).
  6. Wong, Cathy. 2019. Ginger to Relieve Menstrual Cramps. https://www.verywellhealth.com/ginger-for-menstrual-cramps-90072. (Diakses 12 November 2019).